Sisa Kursi Didominasi Kasus Pembatalan

Kamis, 27 September 2012 - 10:27:51 - Dibaca: 1634 kali

Google Plus Stumbleupon


JAMAAH : Para Jamaah Calon Haji Jambi saat di Embarkasi Batam(M AKTA/JE)
JAMAAH : Para Jamaah Calon Haji Jambi saat di Embarkasi Batam(M AKTA/JE) / Jambi Ekspres Online

Langsung Diserobot Rombongan Wapres

JOGJAKARTA - Langkah antisipasi langsung dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) terkait adanya sisa porsi haji sejumlah 817 kursi. Mereka cepat-cepat menginformasikan jika banyaknya kursi sisa ini disebabkan pembatalan dari jamaah haji yang sudah bervisa. Dengan alasan tadi, sisa porsi diharapkan tidak jadi rebutan.

 

"Jadi bukan karena banyak yang tidak sanggup membayar pelunasan BPIH. Sisa 817 kursi itu karena ada pembatalan dari jamaah yang sudah memiliki visa," tutur Menag Suryadharma Ali saat meresmikan Gerakan Masyarakat Maghrib (GEMMAR) Mengaji di Jogjakarta kemarin (26/9).

 

Menteri yang akrab disapa SDA itu mengatakan, banyak sekali alasan pembatalan tadi. Diantara tiba-tiba ada calon jamaah meninggal dua. "Misalnya dari yang laki-laki atau perempuan," katanya. Alasan lainnya karena diketahui hamil muda, perawatan karena penyakit kronis kambuh, atau bisa karena tugas dari tempat kerja mendesak.

 

Untuk jamaah yang membatalkan berhaji meskipun sudah memegang visa ini, akan diprioritaskan berangkat tahun depan. Dengan catatan bukan pembatalan karena kematian. Uang pelunasan yang sudah terlanjur disetor, akan diatur dengan kebijakan berikutnya.(wan/jpnn)