Thailand Siap Gelar Balapan Malam F1

Jumat, 28 September 2012 - 11:00:44 - Dibaca: 1451 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

BANGKOK - Satu lagi negara tetangga jadi tuan rumah balapan Formula 1. Thailand serius membidik target menjadi penyelenggara pada musim 2014. Tak tanggung-tanggung, Negeri Gajah Putih tersebut berencana menggelar balapan malam hari seperti di Singapura.

                Niatan Thailand tersebut sebenarnya sudah santer dikabarkan di awal tahun ini. keinginan menggelar balapan F1 tersebut muncul seiring dengan pengumuman Thailand untuk menggelar Race of Champions bulan Desember mendatang. Mereka mendapatkan dukungan kuat dari produsen Red Bull setelah sebuah pertemuan dengan Supremo F1 Bernie Ecclestone.

                Dalam usaha untuk mewujudkannya, Gubernur Otoritas Olahraga Thailand Kanokphand Chulakasem juga telah bertemu dengan Ecclestone di Grand Prix Singapura, akhir pekan lalu. Menurut Chulakasem, rencana yang disetujui pihaknya dengan Ecclestone berupa balapan malam hari di Bangkok, seperti yang digelar oleh Singapura.

                "Itu akan menjadi sebuah balapan di kota seperti Singapura dan Monaco. Itu akan menjadi balap malam di GP Singapura," ucap Chulakasem kepada Bangkok Post yang dilansir Autosport.

                Menurut laporan Bangkok Post, sebuah kesepakatan sudah terjalin meski soal bayaran belum disetujui kedua belah pihak. Jika terealisasi, disebutkan bahwa menurut Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Chumpol Silpa-archa menyatakan bahwa pihak pemerintah akan menanggung 60 persen dari total biaya sedangkan sisanya akan dibayar oleh perusahaan swasta seperti Red Bull dan Singha.

(ady)