Fergie Komplain Wasit (Lagi)

Senin, 01 Oktober 2012 - 10:41:17 - Dibaca: 2643 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

  WASIT memang sasaran paling gampang untuk dijadikan kambing hitam atas hasil buruk dari sebuah pertandingan. Seusai kekalahan 2-3 dari Tottenham Spurs, pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson pun kembali mengeluarkan jurus lamanya. Selain klaim penalti atas pelanggaran Nani di babak pertama, Fergie - sapaan akrab Ferguson - menuding wasit korupsi waktu injury time.

 Fergie tidak senang karena wasit Chris Foy hanya memberikan alokasi empat menit di injury time babak kedua. "Ini adalah bentuk penghinaan terhadap pertandingan. Ini konyol. Ini sekaligus mengurangi peluang Anda untuk memenangi sebuah pertandingan," komplain Fergie sebagaimana dikutip Sky Sports.

 Pelatih yang kerap menuai sanksi karena komentar maupun perilakunya terhadap wasit itu menambahkan, apabila injury time seharusnya berlangsung lebih dari 5 menit. "Ada enam kali pergantian pemain, lalu staf pelatih masuk ke dalam lapangan. Itu sudah empat menit terbuang. Kiper lawan sepertinya juga membuang waktu sekitar 2-3 menit saat mengambil tendangan gawang," papar Fergie.

 Regulasi pertandingan FIFA menyatakan bahwa penentuan durasi injury time merupakan otoritas penuh wasit. Hanya, sudah ada ketentuan yang menjadi patokan menghitung durasi injury time. Sebagai contoh, setiap pergantian pemain dalam periode 2x45 menit berarti bakal ada waktu ekstra satu menit. Sedangkan apabila terjadi saat injury time, maka waktu estra dihitung setengah menit.

 Gol, cedera, atau insiden lainnya yang membuat pertandingan terhenti juga masuk perhitungan penentuan durasi injury time. "Kami semua melihat jelas. Itu adalah cacat dalam pertandingan dan seharusnya menjadi tanggung jawab wasit untuk mengontrolnya. Ini sudah 2012 dan terlihat konyol wasit masih punya kontrol untuk itu," tutur Fergie.

(dns/bas)