Kandidat Tak Masalah Diundur

Selasa, 09 Oktober 2012 - 10:07:10 - Dibaca: 1598 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Pelaksanaan Pilwako Jambi

JAMBI-Hari pemungutan suara Pilwako Jambi yang direncanakan diundur hingga akhir Juni 2013 tidak dipermasalahkan oleh kandidat yang akan bertarung.

Hal ini seperti disampaikan oleh Sum Indra saat dikonfirmasi harian ini kemarin. Menurut Sum, pihaknya memaklumi persoalan tersebut, dimana alasan pengunduran tersebut ada beberapa tahapan yang berbenturan dengan tahapan Pileg.

“Kita tidak masalah pelaksanaannya diundur,” ujarnya.

Dikatakannya, ini juga serupa dengan Pilwako Jambi 2008 lalu. “2008 lalu pelaksanaan Pilwako pada bulan Agustus, ini direncanakan akhir Juni, sebenarnya ini lebih cepat. Kita juga tidak dirugikan, dilaksanakan sesuai dengan rencana sebelumnya atau diundur itu sama saja,” katanya.

Sementara itu, Effendi Hatta juga mengungkapkan hal yang senada dengan Sum Indra.

“Soal itu kita serahkan ke KPU, kita ikut saja. Yang penting batas akhir masa jabatan Walikota tidak lewat. Kan akhir masa jabatan Walikota itu November 2013,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, malahan pelaksaan perebutan BH 1 AZ mendatang lebih cepat daripada sebelumnya. “Dulu Pilwako sekitar bulan Agustus, ini Jni, malah lebih cepat. Kalau memang itu aturan dari KPU, kita ikut saja,” sebutnya.

Ketua Tim Pemenangan Sy Fasha, Chaliq Saleh saat dimintai tanggapannya mengenai pengunduran pelaksanan pesta demokrasi tersebut mengatakan, pihaknya akan taat kepada aturan yang ditetapkan KPU sebagai penyelenggara.

“Secara jujur, kita harus taat dan tunduk kepada aturan, kalau memang itu aturannya, harus kita ikuti,” ujarnya.

Menurut mantan Sekda Provinsi Jambi ini, pihaknya percaya KPU mempunyai alasan dan tujuan yang baik untuk pengunduran tersebut.

“Aturan harus ditegakkan, tujuannya dibuat aturan itu untuk hal yang lebih baik. Kan alasannya ada beberapa tahapan yang berbenturan dengan tahapan Pileg. Itu juga bukan kehendak orang perorangan , itu aturan. Tentunya KPU dalam mengambil keputusan ada petunjuk dari yang diatasnya,” tambah Chaliq.

Dimana, pelaksanaan Pilwako semula direncanakan digelar pada 30 Mei 2013 diundur menjadi akhir Juni 2013 mendatang. Pengunduran tersebut dikarenakan ada beberapa tahapan Pilwako yang berbenturan dengan tahapan Pemilu Legislatif yang saat ini sudah mulai berjalan.

Dengan diundurnya jadwal hari pemilihan orang nomor satu di Kota Jambi ini, otomatis tahapannya juga ikut diundur. Seperti untuk perekrutanPPK dan PPS yang semula direncanakan dimulai sekitar Desember 2012 diundur menjadi Januari 2013.

Kemudian pada Februari pengumuan pendaftaran kandidat perorangan dilanjutkan dengan penyerahan bukti dukungan. Maret penyerahan berkas persyaratan kandidat, baik dari parpol maupun kandidat dari jalur perseorangan dan Mei dilakukan penetapan calon. Sedangkan untuk masa kampanye, diperkirakan dimulai pada awal Juni 2013.

(cas)