Vettel Juara di Belgia

Senin, 26 Agustus 2013 - 11:21:29 - Dibaca: 1267 kali


JUARA DI BELGIA: Pembalap tim Red Bull Sebastian Vettel berhasil menjadi juara di GP Belgia.(AFP)
JUARA DI BELGIA: Pembalap tim Red Bull Sebastian Vettel berhasil menjadi juara di GP Belgia.(AFP) / Jambi Ekspres Online

SPA - Driver tim Red Bull Sebastian Vettel berhasil menjadi juara saat beradu cepat di seri GP Belgia. Dia sukses mengungguli Fernando Alonso dan Lewis Hamilton.

Di Sirkuit Spa, Minggu (25/8/) malam WIB, Vettel menjadi yang pertama setelah menempuh balapan selama 44 lap dalam waktu satu jam 23 menit 42,196 detik.

Alonso menempati posisi kedua setelah mencatatkan waktu 16,8 detik lebih lambat. Hamilton ada di posisi ketiga dengan selisi 27,700 detik lebih lama dari pemenang lomba.

Melengkapi pebalap di posisi lima besar adalah Nico Rosberg dan Mark Webber. Dengan hasil ini, Vettel semakin kokoh di peringkat pertama dengan raihan 197 poin hasil dari 11 balapan.

Alonso yang mengumpulkan 151 poin menempati posisi dua klasemen pebalap. Dan Hamilton menempati posisi tiga dengan raihan 139 angka. Sementara Raikkonen yang gagal finis turun dua tingkat ke posisi empat dengan kumpulan angka 134.

Memulai balapan dari pole position, Hamilton bisa mempertahankan posisi pertama. Tapi, dia tak sampai satu lap ada di posisi satu. Masih di lap pertama Vettel sukses menyalip pebalap Inggris itu.

Rosberg yang mengawali balapan di posisi empat bisa menyalip Mark Webber yang memulai ajang adu cepat dari posisi di depannya.
Alonso mampu merangsek ke posisi tiga besar di lap keenam. Setelah di lap sebelumnya sukses menyalip Mark Webber, driver Ferrari itu lantas mengambil alih posisi Rosberg.

Hingga balapan berjalan 12 lap, Vettel terus melaju di depan. Dia berjarak 4,3 detik dari Hamilton yng tepat berada di belakanganya.

Hamilton menjadi pebalap tiga besar pertama yang melakukan pit stop di lap 13. Saat kembali ke Lintasan, dia pun menempati posisi sembilan.

Alonso menyusul masuk pit stop dua lap kemudian. Webber juga mengganti ban di lap yang sama. Alonso berhasil menyalip Hamilton saat lap 15 dalam perebutan peringkat tiga. Dia pun kembali ke posisi tiga besar beberapa saat setelah melakukan pit stop.

Vettel akhirnya melakukan pit stop di lap 16. Jenson Button pun kini ada di posisi pertama, tapi belum melakukan pergantian ban.
Saat kembali ke trek, Vettel tetap mampu mempertahankan posisi pertama. Dia berjarak empat detik dari Button di posisi dua.

Alonso kembali ke posisi dua setelah Button masuk pit untuk mengganti ban. Button turun ke peringkat tujuh ketika balik ke lintasan.
Romain Grosjean menjadi driver terakhir yang mengganti ban di pit stop di lap 22. Dia ada di posisi 13 saat keluar dari pit.

Kimi Raikonen masuk ke pit dan tak mampu melanjutkan balapan di tengah lap 26. Saat itu dia tengah berada di posisi sembilan.

Satu kecelakaan terjadi di lap 29. antara Paul di Resta dan Pastor Maldonado saat terjadai persaingan ketat antara Esteban Giuterez, Sutil, dan Di Resta.

Maldonado menabrak bagian belagang mobil Di Resta hingga hancur, pebalap tim William itu pun harus mengganti hidung mobilnya.
Saat bendera kuning dikibarkan Alonso mengambil keuntungan dengan masuk pit. Sementara Vettel masuk pit satu lap setelahnya. Komposisi 1-2 tak berubah sebab pit yang dilakukan dua pebalap terdepan.

Balapan tinggal menyisakan 10 lap, Vettel terus menjadi yang terdepan. Dia tercatat mempunyai jarak 8,8 detik dari Alonso di posisi dua.

Saat bendera finis dikibarkan sus besar tak peringkat tiga besar tak berubah. Vettel peringkat satu, Alonso runner-up, dan Hamilton di posisi ketiga.

(dtk/jpnn)