2 Hellas Verona v AC Milan 1

Senin, 26 Agustus 2013 - 11:25:16 - Dibaca: 529 kali


LESU: Striker Milan Mario Balotelli menyeselai kekalahan 2-1 atas Verona pada pekan perdana Serie A.(AFP)
LESU: Striker Milan Mario Balotelli menyeselai kekalahan 2-1 atas Verona pada pekan perdana Serie A.(AFP) / Jambi Ekspres Online

Keledai Itu Rossoneri

VERONA-Pepatah menyebutkan bahwa hanya keledai yang jatuh ke lubang yang sama. Dan pada pekan perdana Serie A musim ini,akhir pekan kemarin (25/8) AC Milan yang punya relasi dengan apa yang dimaksud pepatah tersebut. Itu menyusul kekalahan Milan atas tuan rumah Hellas Verona dengan skor 1-2 di Marc Antonio Bentegodi, Verona.

  Milan layak disebut keledai karena ini menjadi musim ketiganya secara beruntun selalu gagal memetik kemenangan di laga perdana Serie A. Bahkan, ini dua musim beruntunnya menelan kekalahan di awal Serie A. Musim lalu, Rossoneri juga tumbang di laga perdana dari Sampdoria.

  Padahal, optimisme mematahkan rekor buruk di awal musim sempat muncul begitu gol Andrea Poli di 14 menit pertama menjadi pembeda. Sayangnya, momok menakutkan itu datang dari Luca Toni. Bomber senior itu mengubah asa menjadi derita bagi skuad Milan masing-masing pada menit ke-30 dan 53.

  Buruknya pertahanan plus lemahnya penyelesaian akhir jadi handicap skuad Rossoneri kali ini. Dua gol Toni menjadi bukti lemahnya barisan pertahanan Milan yang diorganisir Cristian Zapata-Philippe Mexes. Sekalipun kalah dari ball possession-nya, Verona bisa unggul dari duel udara dengan 58 banding 42 persen.

  Kelemahan itulah yang menjadi sinyal bahaya bagi Rossoneri. Apalagi, tengah pekan ini mereka akan menjalani leg kedua playoff Liga Champions menantang PSV Eindhoven di San Siro. Jika tidak mampu menutupinya, keuntungan bermain di kandang sendiri bakal sirna.

  Diberitakan di Football Italia, arsitek Milan, Massimiliano Allegri mengakui bahwa tim asuhannya tidak mampu bermain bagus. "Kami hanya bisa bermain sebagai tim selama 13 menit. Harusnya kami bisa menguasai bola lebih bagus," ujarnya kepada Sky Sport Italia.

  Allegri beralibi bahwa pada awal musim ini kematangan skuadnya masih belum mampu terbentuk sempurna. Makanya, dia menilai kekalahan kali ini sebagai bagian dari bentuk programnya dalam mematangkan permainan Riccardo Montolivo dkk. "Dan saya merasa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," cetusnya.

  Lebih lanjut, dia menyebut pertandingan menghadapi PSV sedikit berpengaruh dengan anak asuhnya. "Ini memang menyakitkan, tetapi biasa saja kalau kami kehilangan poin dari cara seperti ini. Apalagi kami punya laga yang tidak kalah pentingnya pada playoff Liga Champions melawan PSV," imbuhnya.

  Kekalahan ini bakal membuat tugas Milan mengejar Scudetto-nya musim 2013-2014 ini sedikit alot. Pekan berikutnya, 2 September nanti, Milan kembali ke San Siro menjamu Cagliari. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Milan untuk kembali bangkit dan meramaikan persaingan Serie A.

  Bagi Verona, tiga poin ini menandai comeback-nya ke Serie A setelah promosi dari Serie B. Ini menjadi kemenangan kedua Gialloblu atas Milan sepanjang sejarah. Menurut pelatihnya, Andrea Mandorlini, tiga poin ini didapatkan dengan motivasi emosi skuadnya setelah melenggang ke Serie A. "Yang pasti ini debut yang tak terlupakan bagi kami," jelasnya.

(ren)