Satgas Pangan Klaim Harga Sembako Turun

Senin, 18 Desember 2017 - 10:58:02 - Dibaca: 732 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Jelang peringatan hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru, tim Satgas pangan Provinsi Jambi yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi dan Ditreskrimsus Polda Jambi terus melakukan pengecekan harga di pasar angso duo.

Pengecekan harga ini untuk menjaga kestabilan harga menjelang hari besar keagamaan. Hal ini berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, banyak pedagang yang mencoba mengambil keuntungan.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah, satgas pangan sudah mengumpulkan para distributor ayam untuk menstabilkan harga ayam yang sempat naik. 

"Kemarin harga ayam sampai Rp34.000 per kilo gram, hari ini sudah turun diharga Rp 31.000- 32.000 per kilo gram," katanya.

Ia mengatakan, tidak hanya ayam yang mengalami penurunan harga, sejumlah bahan pokok lain juga mengalami penurunan harga, diantaranya cabai dan bawang.

Dijelaskanya harga cabai yang sebelumnya rp. 30.000/kg turun menjadi Rp24.000. Semua harga bahan pokok juga sudah normal usai dilakukan pengecekan harga dilapangan. 

Sedangkan untuk pasokan cabai di Jambi sudah mencukupi hingga beberapa hari kedepan. Pengecakan harga ini akan terus dilakukan sampai akhir desember.

"Setiap hari kita lakukan pemantauan," katanya.

Terpisah Kepala Bidang penegakan hukum Satgas pangan Provinsi Jambi AKBP Guntur Saputro mengatakan, dalam pengawasan Satgas pangan menurunkan sekitar 120 petugas untuk melakukan pemantauan.

"Petugas ini terdiri dari unsur yang ada pada tim Satgas pangan Provinsi Jambi," katanya.

Dalam melakukan penindakan, dijelaskannya tim Satgas pangan pertama melakukan pengamatan, lapangan kemudian melakukan pemeriksaan, jika ditemukan pelanggaran maka akan dilakukan penindakan.(nur)