Pindah Lokasi Baru, Seribu Lebih Pedagang Pasar Talang Banjar Tak Tertampung

Senin, 26 Februari 2018 - 10:55:12 - Dibaca: 1631 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi merencanakan memindahkan pedagang Pasar Baru Talang Banjar ke lokasi baru pada tahun 2018. Namun belum ada jadwal pasti pemindahan itu.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperind) Kota Jambi masih menunggu persiapan sarana dan prasarana yang sedang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. 
"Kita tidak mau lama-lama, pedagang ini setiap hari terus bertambah," kata Komari, Kepala Disdagperind Kota Jambi, kemarin.

Dikatakan Komari, saat ini Dinas PUPR sedang melengkapi sarana umum seperti tempat parkir dan akses jalan. Pemilik tanah sudah menghibahkan tanah untuk akses jalan. Panjang jalan masuk ke pasar tersebut sekitar 100 meter, dan lebarnya sekitar 8 meter.

"Sebagian sudah pengerasan," imbuhnya.

Menurut Komari, saat pendataan awal, jumlah pedagang di Pasar Talang Banjar sebanyak 750 pedagang. Namun saat ini jumlahnya sudah mencapai dua ribuan.
"Kapasitas bangunan pasar hanya mampu menampung 904 pedagang," katanya.
Dia menjelaskan, untuk memindahkan pedagang yang menjadi prioritas adalah pedagang lama. Untuk pedagang baru, nantinya akan diupayakan untuk jualan di depan pasar.

"Sudah sering kita lakukan sosialisasi. Jadi tidak ada masalah," katanya.
Sementara untuk pasar Talang Banjar lama, nantinya akan difungsikan untuk pasar kering seperti elektronik dan lainnya. Luas pasar lama 2.750 meter persegi dengan jumlah kios sebanyak 56 dan 162 petak.

"Kedepan bisa dibangun ruko untuk pasar kering seperti elektronik," pungkasnya.

(hfz)