Hari ini Timsel Umumkan Hasil Penelitian Administasi

Seleksi Komisioner KPU Jambi, 14 Pendaftar Tersingkir

Selasa, 27 Februari 2018 - 11:07:11 - Dibaca: 1393 kali

Google Plus Stumbleupon


SELEKSI : Timsel calon anggota KPU Provinsi Jambi menyampaikan keterangan pers, Tahap awal rampung, puluhan nama calon anggota KPU Provinsi Jambi lolos Administrasi. 
SELEKSI : Timsel calon anggota KPU Provinsi Jambi menyampaikan keterangan pers, Tahap awal rampung, puluhan nama calon anggota KPU Provinsi Jambi lolos Administrasi.  [Faizarman / JE]

JAMBI - Tim seleksi telah melakukan penelitian administasi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi. Rencananya, besok (28/2) sebanyak 60 nama yang lolos akan dimumkan untuk malaju ketahap selanjutnya.

Ketua Timsel Calon Anggota KPU Provinsi, Bahder Johan Nasution mengatakan, hasil administasi ini telah diplenokan pihaknya. Ini dilakukan setelah penelitian administasi yang masuk diverifikasi satu-persatu. “Sudah kita plenokan, ada 60 nama yang dinyatakan lolos dan akan kita umumkan secara terbuka," ujarnya, Senin (26/2) kemarin.

Bahder menjelaskan, dari 74 orang pendaftar, 14 orang dinyatakan tidak lolos. Kemudian 12 diantaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat karena terbetur dengan usia yang belum mencukupi dan pendidikan yang tidak seusai dan ketentuan.

“Jadi dari 14 orang, 12 diantaranya tidak memenuhi persyaratan. Rata-rata mereka terbetur usai karena belum mencukupi. Ada juga yang tidak melampirkan surat bebas pidana dari pengadilan,” teranganya.

Kedepan, kata Bahder, sebanyak 60 nama yang lolos administrasi akan diumumkan sesuai rangking. "Jadi kita urutkan sesuai rangking dan nilai bobot," jelasnya. 

Dalam penilaian tersebut kata dia, tingkat pendidikan juga dihitung. Seperti mantan Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap yang sudah S3, maka itu lebih tinggi bobotnya dibandingkan yang S2 atau S1.  "Tapi disisi lain juga kita nilai pengalaman kepemiluan, itu juga ada nilainya," ucapnya. 

Lalu kapan tahapan selanjutnya? Bahder mengatakan, 60 orang tersebut akan mengikuti CAT pada 7 Maret mendatang. "Itu akan langsung diketahui hari itu juga usai tes," katanya. 

Selanjutnya kata dia, disusul tes kesehatan. Pada tes kesehatan pihaknya kembali akan mengerucutkan menjadi 35 orang. "Minimalnya kita sisakan 5 kali 7 anggota KPU, yakni 35 orang," teranganya.

Disisi lain, tim seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi telah resmi bertugas. Meraka akan menjaring calon anggota KPU untuk Kabupaten Batanghari, Bungo, Muarojambi, Sarolangun, Tanjabbar, Tanjabtim, danTebo.

"Kita akan segera berkerja, menyeleksi calon anggota KPU di 7 Kabupaten/Kota. Daerah ini masa tugasnya berakhir 16 Juni 2018," kata Agus Salim, Ketua Timsel.

Proses seleksi akan diumumkan secara terbuka dengan masa pendaftaran pada  2-12 Maret 2018. Kemudian pada 5-15 Maret akan dilakukan verifikasi administrasi untuk menetapkan 40 orang yang dinyatakan lolos. "Penetapan dilakukan pada 16 Maret. Pada tahapan ini kita sudah langusng  meminta tanggapan masyarakat terhadap calon dan akan menjadi pertimbangan kita untuk menyeleksi berkas," katanya.

Mereka yang telah lolos administrasi akan mengikuti tes tertulis menggunakan sistim CAT pada 26 Maret. Pada tahapan ini semua hasil bisa langsung diketahui, karena Timsel akan langsung melakukan pleno dan mengumumkan nama-nama yang lolos.

"Dalam tes tertulis ada tiga tahapan yang dilalui, pertama pelaksanaan tes, kedua penetapan hasil dan ketiga pengumuman hasil tes. Disini akan menjadi 18 orang," jelasnya.

Berikutnya akan dilakukan tes psikologi pada 27-29 Maret dan penetapan pada 2 April. Berikutnya tes kesehatan pada 16-12 April dan diikuti wawancara pada 16-19 April dengan menyisakan 6 orang.

"Tes kesehatan dan wawancara diumumkan pada 21-25 April. Sehingga pada 27-28, nama yang lolos sebanyak 6 orang akan kita kirimkan ke KPU RI," pungkasnya.

(aiz)