Nilai Turun, Integritas Naik, Hari Ini Hasil UN SMP/MTs Diumumkan

Senin, 28 Mei 2018 - 10:17:12 - Dibaca: 4592 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Dirinya meminta Bupati/Walikota untuk dapat memfasilitasi sekolah agar bisa melaksanakan UNBK. Pihaknya menargetkan agar pada pelaksanaan UNBK 2019 bisa semua sekolah maupun madrasah sudah melaksanakan UNBK 100 persen.

          Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Aditriono, MPd mengakui bahwa ada penuruan nilai rata-rata UN 2018. Tetapi ia berdalih menurunnya nilai UN berdampak semakin meningkatnya integritas hasil UN SMP/MTs 2018.

          “Harus diakui bahwa integritas UN SMP/MTs tahun ini meningkat. Hal tersebut dikarenakan sebagian sekolah sudah menggelar UNBK, sehingga hasil UN dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Adi saat dihubungi kemarin.

          Dikatakan Adi, ada beberapa factor yang mungkin menjadi penyebab turun nilai UN. Pertama, karena adanya beberapa soal dengan standar yang lebih tinggi dibanding UN tahun 2017 dimasukkan dalam UN 2018. Dalam hal ini dikenal dengan istilah HOTS atau High Learning Order Thinking Skill.

          Sementara, faktor kedua karena perubahan moda ujian dari Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) ke Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK), sebagian anak belum terbiasa dengan UNBK. Hal ini dikatakan, menjadi faktor yang memberi pengaruh signifikan terhadap penurunan nilai UN.

“Memang terjadi penambahan kesulitan, tapi ternyata enggak berpengaruh siginifikan ke penurunan nilai. Dilihat dari distribusi nilai, dimana sekolah dan madrasah favorit tetap mendominasi nilai terbaik,” paparnya.

(kta)