Satu Kandidat Tak Ikut Nyoblos

Rabu, 27 Juni 2018 - 11:43:59 - Dibaca: 1135 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Pemungutan dan pengitungan suara (Putungra) Pilkada Serentak 2018 tinggal menghitung jam saja. Pesta demokrasi lima tahunan itu akan serentak digelar, Rabu (27/6).

Namun, dari tiga daerah di Jambi yakni Kota Jambi, Merangin dan Kerinci yang menggelar Pilkada, hanya satu kandidat yang tak bisa ikut mencoblos.

Dia adalah Cawabup nomor urut 2, Ami Taher. Pendamping Cabup Adi Rozal itu tak bisa ikut mencoblos karena tidak berdomisili di Kabupaten Kerinci.

Komisioner KPU Kerinci, Suhardiman dikonfirmasi membenarkan hal itu. ‘‘Data yang kita dapat pak Ami memiliki KTP di luar Kerinci yakni kota Bekasi Jawa Barat,’‘ sebutnya.

Terkait hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak PPK dan PPS. Dimana diwilayah tempatnya tinggalnya di Semurup juga tidak terdaftar di DPT.

‘‘Beliau bisa memilih tapi harus pindah penduduk terlebih dahulu,’‘ jelasnya.

Sementara itu, lanjut Suhardiman, dari data yang diterima pihaknya, Cabup Monadi akan mencoblos di TPS 01 Desa Talang Tinggi, Kecamatan Siulak Mukai. Wakilnya Edison akan mencoblos di TPS 02 Hamparan Pugu, Kecamatan Air Hangat Barat.

Untuk Cabup nomor urut 2 Adi Rozal akan mencoblos di TPS 01 Desa Koto Beringin, Kecamatan Siulak.

Sedangkan untuk paslon nomor urut 3, Cabup Zainal Abidin akan mencoblos di TPS 01 Desa Kota Iman, Kecamatan Danau Kerinci. Sedangkan untuk Cawabup Arsal Apri akan mencoblos di TPS 2 Desa Semumu, Kecamatan Depati Tujuh.

‘‘Jam berapa mereka akan memilih tidak diberitahukan kepada kami. Mungkin bisa ditanya langsung dengan para kandidat,’‘ sebutnya.

Suhardiman juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak golput. Ia juga mengajak menggunakan hak pilih mereka pada saat pencoblosan nanti.

‘‘Pilihan masyarakat sesuai dengan hati nurani mereka tidak karena adanya intimidasi oleh siapa pun,’‘ pungkasnya.

Di Kota Jambi, Cabup nomor urut 1 Abdullah Saniakan mencoblos di TPS 11 Talang Bakung, sementara Cawabup Kemas Alfarizi akan mencoblos di TPS 11 Kenali Asam Bawah.

Cabup nomor urut 2 Sy Fasha akan mencoblos di TPS 7 Sungai Putri, sedangkan wakilnya DR Maulana mencoblos di TPS 1 Kebun Handil.

Selanjutnya di Merangin, Cabup nomor urut 1 Fauzi Ansori akan mencoblos di  TPS 03 Dusun Bangko, wakilnya Sujarmin mencoblos di TPS 02 Talang Anyar, Pemenang. Cabup nomor urut 2 Al Haris akan menggunakan hak pilihnya di TPS 05 Dusun Bangko, sedangkan wakilnya Mashuri di TPS 10 Pematang Kandis.

Sementara untuk cabup nomor urut 3 Nalim akan mencoblos di TPS 03 Tambang Baru, Tabir dan wakilnya Khafid di  TPS 027 Dusun Bangko.

(adi/wwn/wan)