Hasil Coblosan Lebih Cepat Diketahui

Rabu, 27 Juni 2018 - 11:49:02 - Dibaca: 11328 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI – Hasil pencoblosn di tiga kabupaten di Jambi, yakni Kerinci, Merangin dan Kota Jambi akan bisa diketahui beberapa jam setelah pencoblosan. Tidak hanya melalui Desk Pilkada, akan tetapi hampir seluruh kandidat menggelar penghitungan cepat alias quick count.

Seperti di Kota Jambi. Pemkot Jambi telah membentuk desk pilkada untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilwako Jambi 2018. Di mana desk pilkada nantinya memberikan data mengenai perolehan suara pada pilkada.

"Desk pilkada bukan ikut secara teknis tapi memberikan dukungan bagi KPU dan Panwaslu," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Jambi, Nirwan kepada wartawan, Selasa, (26/6).

Menurut Nirwan, pada Desk Pilkada juga mendata perolehan suara pada pilkada wali kota Jambi 2018. Data ini lanjut dia untuk kepentingan internal pemerintah yang diteruskan kepada gubernur hingga pemerintah pusat.

Intinya keberadaan desk pilkada tidak ikut serta dalam teknis penyelenggaraan dan hanya berperan memberikan dukungan. Harapannya kata dia pelaksanaan pilkada berjalan sukses dengan tingkat partisipasi warga yang tinggi.

Ditambahkan Nirwan, Nantinya di setiap Kelurahan akan ada petugas sebanyak 3 orang. Petugas tersebut akan memberikan data jumlah perolehan suara dari tiap TPS dengan bukti mengrimkan C1 ke Aplikasi Desk Pilkada. 

"Data itu nantinya di foto lalu di upload melalui aplikasi desk Pilkada. Selain itu petugas juga harus menginput datanya. Tugas kami di data center tinggal mengecek kevalidan, sesuai atau tidak datanya," ujarnya.

Nirmwan menyebutkan, total ada sebanyak 200 petugas yang telah disebar di 62 Kelurahan di Kota Jambi. Pihaknya juga menyiapkan 3 layar monitor yang dipusatkan di ruang pola Kantor Walikota Jambi.

“Pukul 13.00 WIB sudah mulai menghitung. Kalau lancar di TPS, Insya Allah pukul 16.00 WIB sudah ada hasil,” imbuhnya.

Sementara Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan, Desk Pilkada tersebut telah siap untuk digunakan. Saat ini (kemarin, red) prosesnya sudah berjalan 99 persen. 

"Tinggal pelaksanaannya saja semua sudah siap," katanya.

Kata Fasha, pihaknya juga telah melakukan teleconference dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelaksanaan Pilkada di Kota Jambi. Ada beberapa laporan yang disampaikan, diantaranya berkaitan dengan anggaran Pilkada, apakah sudah dicairkan atau belum. Selain itu juga kesiapan TPS untuk menyelenggarakan pemilihan, serta distribusi kotak suara dan surat suara yang sudah dilakukan dapat berjalan dengan baik. 

"Semuanya sudah kita laporkan termasuk juga pengamanan Pilkada," pungkasnya.

Sementara itu, Tim Sukses Sani-Izi, Sutiono mengatakan, pihaknya menyiapkan hitung cepat di kantor tim koalisi yang juga posko induk di Paal V Kota Baru Jambi. ‘’Calon kita bersama tim pemenangan juga di pokso induk, kita hitung cepat di situ,’’ sebutnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh pasangan calon nomor urut dua Fasha-Maulana. Hitung cepat akan dilakukan di Kantor Gapeknas Jambi di bilangan Telanai Pura dan terbuka untuk umum. ‘’Begitu penghitungan suara dimulai di TPS, hitung cepat langsung dimulai,’’ sebutnya.

Fasha dan Maulana, sebutnya, juga akan menyaksikan langsung quick count tersebut. ‘’Tentu akan di damping oleh seluruh simpatisan,’’ jelasnya.

Sementara itu, di Merangin, tiga pasangan calon juga akan menggelar hitung cepat, namun tidak terbuka untuk umum, hanya bersifat internal saja.

Sedangkan Setda Merangin dipastikan akan menggelar perhitungan sementara melalui tim yang sudah disebar di kecamatan-kecamatan.

"Kita sudah sebar tim ke seluruh kecamatan untuk memantau dan melaporkan hasil hitung sementara untuk dilaporkan ke Bupati selanjutnya diteruskan ke Gubernur untuk dilaporkan ke Kemendagri," ujar Antin K Sulistiawati, Kasubag Otda dan Kecamatan Pemkab Merangin.

Di Kerinci, seluruh kandidat, yakni pasangan calon nomor urut 1 Monadi-Edison, pasangan nomor urut 2 Adi Rozal-Ami Taher dan pasangan calon nomor urut 3 Zainal-Arsal semua menggelat quick count.

‘’Hitung cepat akan kita lakukan di kediaman Cabup Monadi di Bukit Tengah,’’ ujar Ketua Tim Pemenangan Paslon nomor urut 1, Sartoni, dikonfirmasi via telfon.

Begitu juga dengan pasangan calon Bupati Kerinci dan wakil Bupati Kerinci nomor urut 2, Adirozal - Ami Taher yang juga memastikan akan melakukan hitungan cepat yang bertempat di rumah Adirozal di Siulak.

"Setelah mencoblos, pak Adi akan memantau hitungan cepat yang bertempat di Siulak," singkatnya.

‘’Selain dari persiapan pencoblosan, kita juga akan melakukan hitung cepat,’’ ujar Zainal.  

(hfz/wwn/adi)