Bantu Pengamanan di Papua

Tambah 100 Personil

Jumat, 06 September 2019 - 10:43:44 - Dibaca: 1273 kali

Google Plus Stumbleupon


CEK PASUKAN: Kapolda Jambi cek pasukan (5/9) sebelum diberangkatkan ke Papua untuk membantu pengamanan.
CEK PASUKAN: Kapolda Jambi cek pasukan (5/9) sebelum diberangkatkan ke Papua untuk membantu pengamanan. / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Polda Jambi kembali mengirim 100 personil Brimob ke Papua untuk membantu pengamanan di Papua. Pelepasan 100 personil dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis, dalam apel pasukan di Mapolda Jambi, Kamis (5/9) kemarin.

Dalam amanatnya, Irjen Pol Muchlis mengatakan, personil yang dikirim diberikan mendapat tugas mulia. Mereka diberikan kesempatan untuk memberikan pelayanan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat  (Kamtibmas) agar Papua segera kondusif.

"Awali  semua kegiatan dengan doa, agar diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas Negara,” pesan Irjen Pol Muchlis.

Dia juga meminta untuk menjaga nama baik Polda Jambi, kerena nama baik berada di pundak para personil yang melakukan tugas BKO Polda Papua.

Masih kata Muchlis, sebelumnya Polda Jambi sudah mengirim 250 personil Brimob Polda Jambi yang tergabung bersama Polda Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Dirinya menambahkan, dalam menghadapi setiap ancaman, harus ditangani dengan profesional, proporsional dan prosedur, sesuai dengan standar operasi prosedur, dilandasi dengan hati nurani dan nyatakan setiap tugas adalah sebagai ibadah.

“Cek seluruh personil dan segala perlengkapan yang digunakan selama masa tugas di Polda Papua, selalu berkordinasi dengan pihak-pihak terkait, junjung tinggi serta tanamkan disiplin dan jiwa korsa yang telah terbina selama ini, dan  lakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditanya mengapa Polda Jambi kembali mengirimkan bala bantuan ke Polda Papua?, orang nomor satu di Polda Jambi ini menjelaskan, pengiriman itu berdasarkan perintah Kapolri yang wajib dilaksanakan.

“Kondisi di sana cukup luas, sehingga membutuhkan tambahan pasukan BKO, semoga saja dengan ditambahnya personil kondisi di sana (Papua) bisa segera kondusif, dan tidak ada lagi jatuh korban,” katanya.

Terkait kondisi Papua yang belum kondusif, dimana kantor Gubernur Papua mengalami kerusakan, Irjen Pol Muchlis mengaku belum mengetahui secara pasti bagaimana kabar anggotanya paska pengrusakan kantor orang nomor satu di Papua itu.

“Informasi terakhir, Personil di sana baik-baik saja, semoga saja tidak terjadi apa-apa, Saya ingin mereka pulang dalam keadaan selamat,” ujarnya.

100 personil memperkuat BKO di Polda Papua diberangkat pada Pukul 16:00 WIB, Kamis (5/9). (scn)