Terkait Pilrek UIN STS Jambi

Ketua Senat Sebut Ada Masalah

Rabu, 09 Oktober 2019 - 08:58:40 - Dibaca: 850 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Kedatangan Plt Rektor UIN STS Jambi Prof Arskal Salim ke Jambi ternyata belum membuat reda tensi politik di kampus biru itu, jelang Pemilihan Rektor.

Secara gamblang, Ketua Senat UIN STS Jambi Prof. Dr. Adrianus Chatib, SS, MA menegaskan jika Pemilihan Rektor (Pilrek) UIN STS Jambi ada sedikit masalah.

Menurutnya, dalam rapat senat awal, keputusan senat bahwa pilrek akan dimulai tanggal 10 Oktober 2019 ini, susuai dengan PMA/68/2015 dan Kep. Dirjen Pendis/7293/2015.

“Terlalu dipaksakan, yakni melakukan pertimbangan itu tanggal 1 Oktober,  sementara penyerahan berkas pendaftaran pada 30 September sekitar pukul 6 sore. Aneh rasanya, diberi waktu 35 hari, tapi yang dipakai hanya 1 malam saja,’’ kata Prof Adrianus.

Dia juga mengatakan, kejanggalan lainnya, ketika Rektor, direktur pasca, wakil rektor dua dan dirinya selaku ketua senat sedang dinas memenuhi  undangan Menteri Agama di Jakarta pada 1 Oktober, tahu-tahu baleho calon rektor UIN sudah dipajang di kampus UIN dua hari setelah rapat senat. Seharusnya, pemasangan baleho dilakukan tujuh hari sebelum rapat senat dengan agenda pemilihan (pemberian nilai calon, red) atau sebelum 10 Oktober.

“Rapat itu dilaksanakan dulu, baru balehonya, kan terbalik namanya itu. Untuk apa manfaat baleho itu sekarang. Semacam ada kudeta, bagaimana itu bisa terjadi jika pejabat definitif tidak ada di tempat, bisa berlangsung rapat senat, maka dari itu adanya aksi protes ini,” ujarnya.

          Ketika ditanya siapa saja yang protes adanya Pilrek UIN STS Jambi?  Prof Adrianus enggan memberikan siapa saja yang melakukan aksi protes itu.

‘’Semua pejabat dan anggota senat yang mengerti aturan,’’ katanya.

Plt Rektor UIN tiba di Jambi

Sementara itu, setelah mendapat mandat dari menteri agama melalui surat perintah yang di tanda tangani langsung oleh Lukman Hakim Saifuddin bernomor  B.II/3/33146, akhirnya Pelaksna tugas (Plt) Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saipuddin (UIN STS) Jambi Prof, Dr, M. Arskal Salim GP, M.Ag tiba di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Selasa (8/10) sekira pukul 07.30 Wib.

          Untuk surat perintah yang dikeluarkan Menteri Agama ada dua poin penting di dalamnya, yang pertama melaksanakan tugas rektor UIN STS Jambi hingga ada rektor difinitif, kedua menjalankan surat perintah ini dengan seksama dan penuh tanggung jawab.

          Setibanya di Jambi, Plt Rektor UIN Prof Arskal Salim langsung menuju kampus dua, untuk melakukan  pertemuan dengan wakil rektor.

Setelah melakukan pertumuan dengan wakil rektor,  Prof Arskal langsung melakuakan rapat senat.

          Dimintai keterangannya usai pertemuan, Plt rektor menegaskan akan menjalankan tugas yang diberikan oleh Menteri Agama.

“Saya akan menjalankan tugas rektor sebagaimana mestinya, hingga adanya rektor UIN STS Jambi difinitif. Terkaiat langkah ke depan, akan didiskusikan dengan para pejabat kampus yang ada,” jelasnya.

          Tidak hanya itu, pria 49 tahun itu juga berupaya untuk sesegera mungkin UIN STS Jambi meliliki rektor difinitif, yang mengemban amahan untuk emat tahun mendatang.

“Insaya Allah hari Jumat dan Sabtu pekan depan, Direktorat PTKI Kemenag akan mengadakan sidang Komsel Calon Rektor, degan mengundang semua calon,” ujarnya.

Ditanya berapa lama dia akan menjabat Plt rektor UIN STS Jambi? Arskal  mengatakan punya waktu cukup lama jika pihak kementrian masih menggodok nama-nama calon rektor yang ada.

“Paling lama tiga bulan, jika menurut waktu plt yang diberikan,’’ jawabnya. (scn)