15 Mempelai "Barlek Basamo" di Danau Kerinci, Mempelai Dapat Puluhan Kado dari ASN

Rabu, 06 November 2019 - 07:45:47 - Dibaca: 783 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KERINCI - Prosesi pesta nikah gratis atau "Barlek Basamo", yang masuk pada rangkaian kegiatan Festival Kerinci tahun 2019, yang dilaksanakan pada Selasa (05/10) berlangsung meriah.

Bagaimana tidak, hal tersebut terlihat dengan setiap pengantin mendapatkan Puluhan kado yang diberikan oleh setiap OPD lingkup Pemerintah kabupaten Kerinci.

Prosesi pesta nikah gratis, yang merupakan masuk dalam program ke 10 kepemimpinan Adirozal - Ami Taher, yang berlangsung di Dermaga Danau Kerinci ini, diikuti oleh 15 pasang pengantin, dan disaksikan oleh Ribuan penonton dari masyarakat Kabupaten Kerinci.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, Dandim 0417/Kerinci, Letkol CZI Fitriadi, Sekda Kerinci, Ketua DPRD Kerinci, Ketua MUI Kerinci, Kapolsek, seluruh OPD, Camat, Kades, serta para tamu undangan.

Kadis Parbudpora Kerinci, Ardinal, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pesta nikah gratis ini merupakan momen pertama di Kabupaten Kerinci pada tahun 2019, tentunya belum terlaksana dengan sempurna. "Untuk itu, panitia memohon maaf, mudah-mudahan ini pelajaran kita kedepan agar lebih sukses dan meriah," ujarnya.

Hal senada dikatakan Sekda Kerinci, Gasdinul Gazam, selaku sepangkalan pada prosesi pesta nikah tersebut mengucapkan selamat menempuh hidup baru buat pengantin. "Kita doakan bersama, semoga semua mempelai agar hidup rukun dan damai menjadi keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah," harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, mengatakan bahwa prosesi pesta nikah gratis ini merupakan rangkaian Festival Kerinci. "Kita berharap dengan acara hari ini, walaupun awal merasa persiapan sedikit kecewa, mudahan menjadi evaluasi kedepannya agar lebih baik," tegas Wabup.

Dijelaskannya, bahwa Latar belakang acara baralek basamo ini, dengan melihat masyarakat Kerinci selama ini dalam melaksanakan pesta nikah yang membutuhkan biaya sangat besar. Tentunya, ini memberatkan bagi masyarakat yang ekonomi menengah. Sehingga, Pemkab Kerinci memberikan solusi dengan acara barlek busamo.

Ditegaskan Wabup, bahwa program Barlek Busamo ino, untuk meyakinkan kepada masyarakat Kerinci, bahwa Pemerintah Kerinci dibawah pimpinan Adi - Ami berpihak dengan masyarakat. "Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah," tutupnya.(adi)