Klaim Dukungan Al Haris Mentah

Bakri Garap Empat Bupati

Rabu, 06 November 2019 - 11:14:48 - Dibaca: 756 kali

Google Plus Stumbleupon


PERKUAT DUKUNGAN: H Bakri bersama Bupati Bungo Mashuri pada suatu kesempatan.
PERKUAT DUKUNGAN: H Bakri bersama Bupati Bungo Mashuri pada suatu kesempatan. / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Kandidat bakal calon Gubernur Jambi H. Bakri bermanuver jelang Pilgub 2019. Usai melamar di sejumlah partai politik (Parpol), anggota DPR RI yang juga merupakan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi ini melakukan konsolidasi memperkuat dukungan.

Salah satunya dengan menemui empat kepala daerah, yang notabenenya merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN). Mereka adalah Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Bungo Mashuri, Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto dan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro.

Bahkan di media sosial (Medsos) beredar foto pertemuan Bakri dengan para Bupati tersebut. Adirozal misalnya, tampak duduk satu meja dan Mashuri memilih untuk salam komando, pertanda keduanya memiliki kesamaan pandangan menuju Pilkada serentak 2020.

Menariknya, manuver politisi senayan ini sekaligus mementahkan klaim Bupati Al Haris yang mengaku mendapat dorongan keempat Bupati tersebut. Meskipun beberapa pertemuan bertajuk seilaturahmi dan olahraga sempat digelar di Bungo dan Kerinci beberapa waktu lalu.

Secara politis, Bakri dalam posisi diuntungkan. Sebagai orang nomor satu di DPW PAN Provinsi Jambi, Bakri memiliki komando lebih untuk menggarap dukungan keempat kepala daerah ini. Belum lagi dua daerah diantaranya, yakni, Bungo yang digawangi Mashuri dan Tanjab Timur yang dikomandoi Romi memiliki kepentingan yang sama pada Pilkada 2020.

Meski begitu, Bakri mengaku jika beberapa agenda dalam pertemuan itu dalam rangka kunjungan kerja untuk menjalankan tugasnya sebagai Anggota DPR RI Dapil Jambi. "Kita ingin bertemu eksekutif, bagaimana manfaat program yang telah dibawanya ke Jambi untuk masyarakat. Itu saja," katanya.

Ia tidak menampik agenda lain dalam kunjungan itu sekaligus bertujuan untuk konsolidasi partai jelang Pilkada tahun depan. "Kita mengunjungi daerah yang kepala daerahnya merupakan kader PAN, sekaligus konsolidasi partai," katanya.

Bakri menyebutkan jika sudah seharusnya para kepala daerah yang merupakan kader partai berlambang Matahari Biru mendukung kadernya yang akan bertarung. "Mereka harus mendukung kalau ada kader yang maju, salah satunya di Pilgub Jambi," tegasnya.

Namun, Bakri mengaku baru mengunjungi dua daerah, yakni, Kabupaten Kerinci dan Bungo. Kemudian akan bergerak ke daerahlainnya, yakni, Tanjabtim, Batanghari dan Muaro Jambi. “Bantanghari itu Wakil Bupatinya ketua DPD, jangan salah. Nanti akan kita sambangi nantinya," jelasnya.

Lantas bagaimana mana dengan klaim Al Haris?, Bakri, membantah jika ada dukungan kadernya untuk salah satu kandidat.  "Mereka hanya silaturahmi, belum ada yang menyatakan dukung mendukung," ungkapnya.

Sementara itu, Al Haris tidak ingin berspekulasi menanggapi manuver Bakri. Menurutnya, saat ini politik masih sangat dinamis dan belum bisa diketahui siapa yang akan maju di Pilgub, termasuk Bakri.

"Kitakan belum tau itukan masih dalam berita. kita juga belum tau apakah beliau (Bakri,red) maju atau tidak dan saya pikir semua partai akan mensurvei. Jika tidak layak dicalonkan, maka, tidak mungkin diusung," ujar pencetus program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) tersebut.

Ia menegaskan, jika saat ini semua calon masih bersosialisasi kepada masyarakat. “Masalah dukungan bisa-bisa saja, tapi, yang penting lebih banyak calon lebih baik, agar banyak pilihan masyarakat," jelasnya.

Terpisah, H. Bakri juga mengincar perahu Gerindra.  Selasa (5/11) kemarin, Bakri mengutus jajaran pengurus DPW PAN menyambangi DPD Gerindra Provinsi Jambi untuk mengambil formulir pendaftaran penjaringan.

Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Khusaini, dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada Gerindra bisa bersama-sama mengusung Bakri di Pilgub Jambi 2020. "Insa Allah saat pengembalian formulir nantin akan serahkan langsung oleh beliau (Bakri,red)," katanya.

Ia mengatakan, jika pihaknya akan siap mengikuti seluruh prosedur yang ada di partai Gerindra. "Kami menghormati mekanisme yang ada di Gerindra," katanya.

Ketua Tim Penjaringan DPD Gerindra Provinsi Jambi, Noviardi Ferzi, menyampaikan, jika pihaknya menyambut baik niat dari H. Bakri untuk ikut pejaringan di Gerindra. "Kita berlakukan semua kandidat yang mendaftar itu sama dan tidak dibedakan. Kita terbuka untuk umum," katanya.

Ia menyebut, jika saat ini partai besutan Prabowo Subianto ini tidak condong ke kandidat manapun dimasa penjaringan ini. "Setelah pendaftaran penjaringan ini, nantinya semua kandidat yang mendaftar bakal disurvei," jelasnya.

Noviardi menjelaskan, survei para kandidat ini akan dilakukan DPP partai Gerindra sekitar akhir November mendatang. "Akhir November ini, tim survei dari DPP sudah jalan. Memang sengaja dilakukan awal, untuk mengetahui hasil survei kandidat yang mendaftar ini," tukasnya. (wan/wwn/aiz)