Sosialisasi SAKIP, Masnah: Saya Akan Evaluasi Kadis Yang Tidak Hadir di Acara Ini

Jumat, 22 November 2019 - 14:12:32 - Dibaca: 554 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SENGETI- Bupati Muarojambi Masnah Busro meminta semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan kinerja mereka. OPD harus menyelaraskan program kegiatan dengan visi-misi serta efektif dan efisien dalam penggunaan anggaran.

 Hal ini disampaikan Bupati saat membuka kegiatan Pendampingan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Jum'at (22/11/19) malam yang digelar di salah satu hotel di Kota Jambi. Menurut Bupati, penyelenggaraan SAKIP ini sendiri bertujuan agar laporan kinerja menjadi berkualitas dan selaras. "Dengan SAKIP ini, kita dapat mewujudkan efektifitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah dan juga menyusun tujuan dan sasaran yang jelas juga berorientasi pada hasil," kata Masnah Busro.

 Yang menarik, di awal sambutannya, Bupati langsung meminta absensi kehadiran kepala OPD di ruangan tersebut dengan intonasi sedikit kencang. Beliau ingin tahu siapa saja Kepala OPD yang tidak hadir. "Saya akan evaluasi kepala dinas yang tak hadir di kegiatan ini," cetusnya dengan nada serius.

Menurut Bupati, kepala OPD adalah pemimpin dan panutan di instansi masing-masing. Sebagai orang yang dipercaya bupati, jadi perpanjangan tangan pemerintah untuk merumuskan kegiatan yang terukur serta program untuk mencapai visi misi yang diusung pemerintah.

Salah satu implementasinya bisa dikonversikan dalam SAKIP ini. "Saya minta tolong kepada Kepala Dinas harus serius (dalam mengikuti SAKIP), ini juga merupakan ajang pembenahan terhadap sistem kerja kita ke depan," pungkasnya.

 Kegiatan Pendampingan SAKIP malam tadi juga dihadiri oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan 1 KemenPAN RB Kamarudin AK sebagai Narasumber. Selain itu juga dihadiri Sekda Muarojambi Moh. Fadhil Arief seluruh Kepala OPD di lingkup Pemkab Muarojambi. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak 22-24 November 2019.(era)