389 Orang Lulus Administrasi Panwascam, Bawaslu Merangin Harapkan Tanggapan Dari Masyarakat

Rabu, 11 Desember 2019 - 06:12:15 - Dibaca: 850 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

MERANGIN- Badan Pengawas Pemilahan Umum (Bawaslu) Kabupaten Merangin telah melakukan penerimaan dan verivikasi berkas calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk 24 Kecamatan Kabupaten Merangin.

Penerimaan berkas sudah dilakukan pada 27 November sampai 03 Desember 2019 lalu, sebanyak 437 orang yang mendaftar yang menyerahkan berkas secara langsung ke Sekretariat Bawaslu Merangin.

Menurut Ketua Pokja Penerimaan Panwascam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bawaslu Merangin yang juga koordinator divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Merangin, Abdul Rahim M.Pd.I, angka tersebut paling banyak se Provinsi Jambi.

"Yang mendaftar 437 orang dan yang dinyatakan lulus berkas administrasi sebanyak 389 orang, sementara 48 orang tidak lulus berkas dengan alasan ijazah tidak dilegalisir atau bukan legalisir basah, surat keterangan kesehatan bukan dari rumah sakit pemerintah atau Puskesmas, belum cukup umur pada saat mendaftar," ungkap Abul Rahim M.Pd.I.
Paska pengumuman pihak Bawaslu Kabupaten Merangin mengharapkan laporan dan tanggapan dari masyarakat Merangin terhadap nama-nama yang diumumkan dengan tenggang waktu 12 sampai 15 Desember 2019.

"Kami minta laporannya apabila nama-nama yang kami umumkan terindikasi menjadi pengurus partai politik, perangkat Desa, pegawai BUMD atau pernah dipenjara pidana dengan ancaman pidana 5 tahun," ujar Abdul Rahim M.Pd.I.

Apabila ada laporan masyarakat yang bisa dibuktikan secara hukum, pihak Bawaslu Kabupaten Merangin akan melakukan tindak lanjut terhadap laporan masyarakat tersebut.

"Selanjutnya jika tidak ada laporan akan dilakukan tes tertulis menggunakan sistem CAT Online dengan metode sokrativ, setelah itu langsung dengan tes wawancara di sekretariat bawaslu Merangin dari 13-17 Desember 2019," ungkap Abdul Rahim M.Pd.I

Setelah itu Abdul Rahim M.Pd.I mengatakan pengumuman hasil tes CAT dan wawancara akan dilakukan pada tanggal 18 Desember 2019 dan setelah itu dilantik pada tanggal 20 atau 21 Desember 2019.

"Merangin ada 24 Kecamatan masing masing kecamatan 3 orang yang diterima, pengumuman hasil CAT dan wawancara tanggal 18 Desember, setelah itu yang diterima akan dilantik pada 20 atau 21 Desember 2019," tutup Abdul Rahim M.Pd.I. (wwn)