Pelatih Barcelona Quique Setien, Si Pemuja Messi yang Pernah Menantang Garry Kasparov

Selasa, 14 Januari 2020 - 09:09:19 - Dibaca: 1442 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

BARCELONA - Barcelona menunjuk Quique Setien sebagai pelatih, menggantikan Ernesto Valverde yang kena PHK, Senin (13/1) malam.

Kenapa Barca memilih sosok yang lebih tua (Setien 61 tahun, Valverde 55 tahun) duduk di kursi pelatih?

Siapa Setien hingga mendapat kepercayaan melatih Lionel Messi dkk?
Konon salah satu asalan Barcelona menjatuhkan pilihan kepada Setien lantaran sejumlah pelatih lain yang diincar Barca balik punggung alias menolak lamaran untuk saat ini. Nama Xavi Hernandez, Ronald Koeman hingga Roberto Martinez disebut belum bersedia menukangi Barcelona.

Singkat cerita pilihan jatuh ke Setien. Berikut fakta terpilih tentang Setien yang dikutip dari laman resmi Barcelona. (adk/jpnn)

sumber: www.jpnn.com

6 Fakta tentang Setien:
1. Setien menandatangani kontrak kerja berdurasi hingga 30 Juni 2022.
2. Setien memulai kariernya di sepak bola sebagai pemain sepak bola pantai, di mana ia pernah menghuni tim nasional.
3. Nama Setien sangat kondang di klub Racing Santander, bahkan mendapat julukan El Maestro dari klub tersebut. Dia bermain selama 12 musim dalam dua periode (1977-1985 dan 1992-1996).
4. Setien mengawali kariernya sebagai pelatih di Racing Santander (2001-2002). Setelah itu, Poli Ejido, Equatorial Guinea, Logrones, Lugo, Las Palmas dan terakhir Real Betis merasakan racikannya. Setien melawan Barca tujuh kali, dengan catatan enam kekalahan dan satu kemenangan. Satu-satunya kemenangan mungkin sangat spesial karena diraih Setien di Camp Nou, di musim La Liga 2018/2019.
5. Setien adalah salah seorang pemuja Lionel Messi. Dia menganggap Messi sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah.
6. Salah satu hobi Quique Setien ialah bermain catur dan konon dia pernah bermain melawan para mantan juara dunia seperti Anatoly Karpov dan Garry Kasparov.