STAI Ma'arif Jambi Kembangkan Potensi Desa Melalui Kukerta

Kamis, 06 Februari 2020 - 20:34:38 - Dibaca: 784 kali

Google Plus Stumbleupon


Pemberian kenang-kenangan oleh Kepala STAI Ma'arif Jambi kepada pemateri.
Pemberian kenang-kenangan oleh Kepala STAI Ma'arif Jambi kepada pemateri. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-STAI Ma'arif Jambi terus berkontribusi dalam kemajuan Jambi.  Salah satunya dengan aktif menggerakkan potensi yang ada di Desa. Melalui pembekalan  Kuliah Kerja Nyata (Kukerta),  mahasiswa diajak untuk mampu menggali setiap potensi yang ada di desa. 

Ketua Yayasan Pendidikan Bintang Sembilan Jambi, Dr.  H.  Rahmat Nasution, M.Ag menjelaskan, pembekalan mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Kukerta selama dua bulan nanti. 

Diharapkan para mahasiswa bisa berbuat untuk masyarakat walaupun kecil tetapi bisa dikembangkan oleh masyarakat. Mencakup disegala bidang,  baik ekonomi, sosial,  agama,  pemerintah dan lain sebagainya. 

“Diharapkan dapat memberikan rangsangan kepada masyarakat untuk kemajuan masyarakat disana,” harap Rahmad. 

Pembekalan dan pelepasan mahasiswa Kukerta ini sebagai bentuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Dimana  mahasiswa dibekali dengan hal-hal yang berkaitan dengan kearifan lokal,  bagaimana menyesuaikan diri dengan lokasi masing-masing, bekerjasama dan lain sebagainya.

“Sehingga diakhir Kukerta mereka mencapai target atau program yang ingin dilakukan. Apalagi temanya sangat menarik yakni memberdayakan potensi desa,” terangnya. 

Lebih lanjut disampaikannya inilah saatnya mahasiswa berbagi pemikiran agar potensi di desa bisa diberdayakan.  Maka  Kukerta ini bisa memberdayakan potensi desa sekaligus memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa. 

“Secara umum mahasiswa bisa menggerakkan potensi yang ada di desa.  Selain itu menjalankan aktivitas keagamaan,” tambah Ketua Panitia Pelaksana Yudo Handoko, M.Pd.I. (azz)