Prodi PIAUD FTK UIN STS Jambi Gelar Workshop

Selasa, 18 Februari 2020 - 18:59:54 - Dibaca: 678 kali

Google Plus Stumbleupon


Ketua Prodi PIAUD beserta mahasiswa foto bersamaKepala PLA Provinsi Jambi
Ketua Prodi PIAUD beserta mahasiswa foto bersamaKepala PLA Provinsi Jambi / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN STS Jambi sukses melaksanakan kegiatan workshop.

Tema workshop kali ini ‘Alat Permainan Edukatif untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kegiatan ini dilaksanakan pada 14-15 Februari 2020 di SLB Sri Soedewi dan Pusat Layanan Autis (PLA) Provinsi Jambi.

Ridwan M.Psi, Psikolog, Ketua Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah dibuat sebelumya.

Tujuannya untuk memberikan edukasi ke masyarakat. Melalui kegiatan yang bermanfaat dengan melibatkan dosen dan mahasiswa sehingga masyarakat terbantu dengan berbagai informasi yang kita berikan.

“Ke depannya kita juga mengembangkan pola kerjasama dengan lembaga lain, seperti lembaga pendidikan dari tingkatan PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/Aliyah hingga keperguruan tinggi baik yang ada di Provinsi Jambi maupun provinsi lainnya. Selain itu juga ke lembaga non pendidikan, baik di bawah naungan pemerintah maupun swasta dengan tema-tema yang tentunya berbeda tergantung kebutuhan masyarakat/lembaga terkait,” ungkapnya. 

Kepala SLBN Sri Siedewi, Triyono, M.Ed menyambut baik kerjasama yang telah digagas Prodi PIAUD UIN STS Jambi dan dalam kesempatan workshop yang dilaksanakan di SLB pada tanggal 14 Februari 2020. Ia berharap agar kerjasama ini dapat terus berlanjut dengan berbagai kegiatan di antara kedua belah pihak.

 

Hal senada diucapkan juga Pusat Layanan Autis (PLA) Provinsi Jambi, Lusi Warsini, M.Pd bahwa kegiatan workshop yang dilaksanakan di PLA pada tanggal 15 Februari 2020. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memiliki arti penting bagi PLA khususnya para orangtua. Dimana mereka dapat pengetahuan yang berguna untuk dapat diterapkan kepada anak.

“Ucapan terima kasih tak terhingga kepada Prodi PIAUD atas gagasan untuk mencerdaskan anak bangsa,” ungkapnya.

Ketua HMP PIAUD, Jumawan menuturkan, kegiatan ini bagian dari kepedulian mahasiswa PIAUD akan pentingnya untuk melakukan terobosan-terobosan ke masyarakat, sehingga mahasiswa mampu melakukan sebuah inovasi dan kreativitas yang positif  dan bermanfaat bagi masyarakat luas. “Disinilah peran HMP dibutuhkan,” akunya. 

Ditambahkan pula oleh Reina Larissa, ketua panitia kegiatan, bahwa kegitan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa.

“Kami merasa terharu dan  bangga dimana kehadiran kami mendapat apresiasi dari orang tua ABK baik yang ada di SLB maupun PLA. Dengan antusias mereka mengikuti kegiatan ini, kami ingin memberikan bekal kepada orang tua bagaimana cara pembuatan alat permainan edukatif dalam menunjang kemampuan perkembangan motorik anak,” pungkasnya.  (azz)