Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi

Gelar Workshop Penyusunan SOP dan Pengarsipan Berbasis Digital

Selasa, 18 Februari 2020 - 19:04:24 - Dibaca: 572 kali

Google Plus Stumbleupon


Wakil Rektor III, Dekan FEBI bersama Wakil Dekan, Ketua Panitia dan seluruh peserta workshop foto bersama.
Wakil Rektor III, Dekan FEBI bersama Wakil Dekan, Ketua Panitia dan seluruh peserta workshop foto bersama. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN STS Jambi menggelar kegiatan Workshop Penyusunan SOP dan Pengarsipan Berbasis Digital. Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor III UIN STS Jambi, Dr.  Bahrul Ulum, MA.

Dalam sambutannya Bahrul Ulum menyambut baik kegiatan workshop ini. Dikatakannya, workshop ini sejalan dengan visi dan misi Rektor UIN STS Jambi. Digitalisasi juga dilakukan guna menyambut era digital 4.0. Dimana beberapa sistem juga akan dilakukan secara digital.

“Apa yang dilakukan ini dalam rangka merespon itu.  Saya kira ini bisa menjadi contoh bagi fakultas lainnya,” kata Bahrul kemarin. 

Sementara itu Dekan FEBI UIN STS Jambi Dr. A.A. Miftah, M.Ag menuturkan, kegiatan ini digelar dalam rangka melakukan perubahan untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan seluruh stakehokder terkait. 

“Harapannya bagaimana setelah ini ada tindaklanjutnya dan bisa diterapkan,” tandas.

Ketua Panitia Workshop, Dr. Novi Mubyarto M.E menjelaskan kegiatan Workshop Penyusunan SOP dan Pengarsipan Berbasis Digital ini dilaksanakan berdasarkan pertimbangan pada 3 aspek utama. Pertama sebagai respon FEBI untuk mendukung visi dan misi Rektor UIN STS Jambi.

Kedua, indek kinerja utama yang diantaranya adalah menuntut pelayanan akademik, surat menyurat, pemeliharaan, dan peralatan yang terstandar dan sesui prosedur. Ketiga adalah pemenuhan 9 standar akriditasi prodi yang menuntut adanya program peningkatan SDM, tidak saja bagi tenaga pendidik tetapi juga terhadap tenaga kependidikan.

Kegiatan workshop akan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama kegiatan fokus pada penyusunan SOP, adapun Output dari kegiatan petama ini adalah dari sisi kelembagaan, dengan SOP setiap unit kerja memiliki pedoman pelaksanaan kegiatan yang terstandar.

“Dari sisi penerima layanan, melalui SOP dapat mengetahui dan memahami prosedur layanan," terangnya. 

Hari kedua kegiatan lanjutkan pada system pengarsipan berbasis digital, output dari kegiatan di hari kedua ini yaitu terlaksananya system pengarsipan berbasis digital di FEBI.

Setidaknya terdapat 3 peran dari Arsip yaitu, Information, Evidance, dan Accountability. Berdasarkan peran tersebut pengarsipan dokumen harus dikelola secara baik.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pengelolaan arsip yang selama ini dilakukan secara manual berkembang kearah digitalisasi yang esensinya adalah proses alih pengingat.

Namun digitalisasi arsip tidak berarti proses pengarsipan secara manual harus dihilangkan tetapi dapat berjalan secara beriringan.

Adapun Outcome dari kegiatan Workshop Penyusunan SOP dan  Pengarsipan Berbasis Digital adalah ‘Terciptanya Efisiensi dan Efektifitas Kinerja Organisasi’. 

“Peserta kegiatan berjumlah 32 orang terdiri dari unsur pimpinan, Prodi, Kabag, Kasubag dan seluruh tenaga kependidikan dilingkungan FEBI,” pungkasnya.  (azz