Jadwal Tes SKB Masih Tentatif

Senin, 24 Februari 2020 - 09:24:16 - Dibaca: 1348 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Pelaksanaan Tes CPNS di Provinsi Jambi masih bergulir. Tahapannya masih Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hingga 28 Februari mendatang. Selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang direncanakan pada akhir Maret mendatang.

April Koni, Kepala UPT BKN Jambi mengatakan, jadwal SKB masih tentatif dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

"Untuk SKB jadwal dari Panselnas 23 Maret hingga 10 April, tetapi masih tentative, dipertangahan atau di awalnya," ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu data dari Kementerian vertikal yang tes di UPT BKN beberapa waktu lalu. Instansi yang tes di UPT BKN seperti Ombudsman, Kemenag, Kejaksaan Agung, Kementerian Agraria dan lainnya. "Kini masih rekon data SKD," jelasnya.

Selain itu, ternyata juga telah ada formasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang ditetapkan oleh BKN. Teknisnya kata April Koni, yakni formasi yang dibutuhkan akan dikali tiga, sehingga didapatkan formasi untuk SKB.

”Untuk SKB juga telah ditetapkan formasinya, yakni sesuai formasi yang dibutuhkan tiap Pemda, akan dikali tiga,” sampainya.

Untuk kemungkinan tes SKB Dia menyebut masih dilakukan di UPT BKN.

Adapun jumlah formasi SKB untuk Pemda, yakni, Kota Jambi sebanyak 409 orang, Muaro Jambi 159, Batanghari 624,Tanjab Barat 519 orang, Tanjab Timur 582 orang, Sarolangun 534 orang, Merangngin 681, Kerinci 588 dan Kota Sungai Penuh 480 orang.

Di bagian lain, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tebo menyatakan belum mengetahui hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk para peserta CPNS 2019. Pasalnya, hasil tes tersebut tetap harus menunggu pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ujian SKD terdiri dari tiga sub-tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga sub-tes ini mempunyai nilai ambang batas atau passing grade masing-masing.

“Kita sudah melewati tahapan ujian SKD selama Lima hari kemarin 17 - 21 Februari . Namun hasil kelulusan ujian SKD tersebut belum bisa kita ketahui. Karena saat ini masih dalam proses pemeringkatan oleh panitia seleksi nasional (Panselnas). Jadi kita masih menunggu pengumumannya dari BKN,” ujar Kepala BKSDM Kabupaten Tebo, Hariyadi, Minggu (23/2).

Sebagai informasi, untuk bisa lulus passing grade (PG) SKD, seorang pelamar harus memenuhi ambang batas nilai yang telah diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB nomor 24 tahun 2019. Adapun PG SKD CPNS 2019 adalah TWK 65, TIU 80, dan TKP 126 untuk formasi umum. "Namun, bukan berarti peserta SKD CPNS yang memenuhi PG bisa melaju ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) nantinya," katanya.

Hal itu dikarenakan seluruh peserta yang lolos Pasinggred akan dilakukan pemeringkatan oleh Panselnas, dengan mengambil nilai tertinggi pelamar. Seperti diketahui sebelumnya, sesuai penetapan formasi oleh Kemenpan RB, Kabupaten Tebo tahun 2019 mendapatkan jatah 197 Formasi CPNS.

Dari jumlah itu, sedikitnya ada 6000 pelamar yang mendaftar CPNS di Kabupaten Tebo. Namun setelah dilakukan seleksi administrasi, hanya 3913 peserta yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti SKD. “Tapi saat pelaksanaan SKD, 114 peserta tidak hadir, sehingga otomatis gugur,” pungkas Hariyadi. (aba/bjg)