Matangkan Persiapan, Disdik Gelar Rakor UN

Jumat, 28 Februari 2020 - 20:43:55 - Dibaca: 1312 kali

Google Plus Stumbleupon


Plt Kadisdik, Muhammad Syahran, SE bersama Dewan Pendidikan, Kepala LPMP dan pejabat dilingkungan Disdik usai penandatanganan fakta integritas UN tahun 2020.
Plt Kadisdik, Muhammad Syahran, SE bersama Dewan Pendidikan, Kepala LPMP dan pejabat dilingkungan Disdik usai penandatanganan fakta integritas UN tahun 2020. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Dalam rangka memantapkan persiapan ujian nasional (UN) di Provinsi Jambi, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2019/2020 pada 26 Februari 2020.

Kegiatan ini dibuka Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Muhammad Syahran, SE. Dalam sambutannya Syahran mengatakan, melalui Forum Rakor ini diberharap semua permasalahan Ujian Nasional yang masih ada dapat dicari solusinya bersama-sama.

“Di forum ini kita menghadirkan narasumber dari BSNP, Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud RI, panitia UN, LPMP, Kemenag, PLN, dan lainnya. Ikutilah Rakor ini dengan baik sehingga pelaksanaan UN di Provinsi Jambi dapat berlangsung dengna sukses sesuai dengan yang kita harpkan,” hrapnya.

Pada kesempatan itu Syahran mengatakan, persiapan UN untuk semua jenjang telah melaksanakan tahapan kegiatan Pendataan Peserta Ujian Nasional. Saat ini masuk tahap sosialisasi, gladi bersih UNBK hingga nantinya pelaksanaan Ujian Nasional di semua jenjang pendidikan.

“Kesuksesan pelaksanaan UN tentunya bukan hasil kerja segelintir orang, ada banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Terutama para operator, proktor, teknisi, tim helpdesk, siswa, guru, kepala sekolah, Disdik, Kemenag, PLN, Telkom, LPMP, Proteknas, Pusat Asesmen Kemendikbud dan pihak-pihak lainnya yang tak dapat disebutkan satu persatu,” ujar Syahran kemarin.

Ketua Panitia Pelaksana, Adi Triono, MPd dalam sambutannya mengatakan, Rakor ini merupakan rangkaian proses UN yang akan diselenggarakan tahun 2020 dan UN terakhir karena tahun 2021 sudah dihapus. Kegiatan ini diakui Adi dalam rangka menyamakan persepsi dalam penyelenggarakan UN.

Semenatara itu jumlah peserta UN di Provinsi Jambi sendiri terdiri dari  jenjang SMP sebanyak 40.472 siswa, MTS sebanyak 17.704 dan paket sebanyak B 3.914 siswa, lalu jenjang SMA sebanyak 24.469 siswa, SMK sebanyak 15.661 siswa, MA sebanyak 9.364 siswa, paket C 6.305 siswa, SMPLB 43 siswa dan SMALB 45 siswa.

Pada kesempatan itu juga ditandatangai fakta integritas ujian nasional oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Kepala LPMP Provinsi Jambi dan Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi. (kta)