Pascasarjana UIN STS Jambi Laksanakan Visiting Lecturer ke UKM

Senin, 02 Maret 2020 - 19:57:38 - Dibaca: 1632 kali

Google Plus Stumbleupon


Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi serta Ketua Prodi foto bersama Prof. Madya Dr. H. Maimun Aqsha Lubis Bin Abdin Ph.D pemateri dan juga Reviewer dari UKM.
Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi serta Ketua Prodi foto bersama Prof. Madya Dr. H. Maimun Aqsha Lubis Bin Abdin Ph.D pemateri dan juga Reviewer dari UKM. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Sebanyak 120 mahasiswa dan 5 orang dosen Pascasarjana UIN STS Jambi mengikuti kegiatan Visiting Lecturer and Student (VLS) ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada 19-23 Februari 2020 bersama Diva Lookah Holiday, Travel And Tour yang dipercaya Pascasarjana UIN STS Jambi untuk membawa mereka melaksanakan VLS.

Rombongan ini dipimpin langsung Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi Prof Dr. H. Ahmad Syukri, S.S, M.Ag bersama Wakil Direktur Dr. Badarussyamsi, S.Ag, M.A serta Ketua Prodi MPI Dr. Minnah El Widdah, M.Ag, Ketua Prodi Akidah Filsafat Islam Dr. Mohd. Arifullah, SAg, M.Fil.I dan Ketua Prodi Ilmu Syari’ah Dr. Fuad Rahman, SAg, MAg.

Kehadiran rombongan Pascasarjana UIN STS Jambi sendiri disambut Dr. Muhamed Yusoff Bin Muhd Noor Dekan Fakulti Pendidikan UKM didampingi Prof. Dr. Ramlee Muatapha, Ph.D  Timbalan Dekan Jaringan Dan Penjanaan  Universitas Kebangsaan (UKM) Malaysia didampingi Prof. Madya Dr. H. Maimun Aqsha Lubis bin Abdin Ph.D yang juga sebagai Pemateri dan juga Reviewer.

Direktur Pasca Sarjana UIN STS Jambi mengatakan bahwa kegiatan VLS ini sangat positif sekali bagi mahasiswanya. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka memenuhi visi misi Rektor UIN STS Jambi, bagaimana UIN berada ditingkat Nasional menuju go Internasional.

“Dengan kita datang kesenin (UKM) dan tampil dihadapan pihak Malaysia, diharapkan menjadi motivasi dan nilai untuk kita bisa mengedepankan globalisasi. Tidak hanya bagi mahasiswa, dosen-dosen kita menampilkan hasil-hasil penelitian mereka ditingkat Internasional,” ujar Syukri kemarin.

Diharapkan melalui UKM, maka diharapkan tulisan-tulisan yang ada bisa dimasukan ke jurnal yang ada di Malaysia dan ini menjadi langkah ke depan mempercepat dosen-dosen meraih guru besar.

“Mungkin ke depan kita akan mencoba membawa dosen-dosen lebih banyak lagi dan mahasiswa yang terencana,” harapnya.

        Ditambahkan Wakil Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi Dr. Badarussyamsi, S.Ag, M.A bahwa ada perubahan konten dari Study Visit menjadi Visiting Lecturer and Student (VLS). Dulu mahasiswa lebih banyak mendengarkan makalah dosen dan narasumber dari Malaysia.

        “Ketika menjadi VLS, maka sekarang konten akademisnya jauh lebih besar mencapai 80 persen. Selain ada Seminar Internasional panel dari Guru Besar UKM dan dosen Pascasarjana UIN STS Jambi,” aku Badarussamsi.

 Begitu juga semua mahasiswa diakuinya diwajibkan presentase semuanya, agar dapat masukan dari Reviewer UKM untuk kesempurnaan artikel mereka.

“Jadi kami betul-betul akan targetkan terlaksana presentase semua makalah. Bila terlaksana maka nilai ilmiahnya mencapai 80 persen. Adapun sisa waktu yang ada boleh-boleh saja digunakan untuk wisata. Mereka juga perlu refreshing sehingga ketika pulang ke Jambi mereka merasa segar dan bersemangat untuk kuliah kembali. Tetapi sekali lagi, penekanannya bukan pada wisata, akan nilai akademiknya,” pungkasnya.

Sedangkan Prof. Madya Dr. H. Maimun Aqsha Lubis Bin Abdin Ph.D pemateri dan juga Reviewer dari UKM mengapresiasi apa yang dilakukan Pascasarjana UIN STS Jambi. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan silaturrahmi bagi kedua instansi tersebut.

“Pascasarjana UIN STS Jambi memiliki peranan yang besar pastinya di Jambi. Saya melihat dosen-dosen juga berkualitas dalam pembahasan makalah-makalah yang ditampilkan saat seminar internasional di UKM ini,” akunya.

Selain kegiatan VLS ke UKM, 120 orang mahasiswa Pascasarjana UIN STS Jambi mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan tempat wisata di Malaysia. Mulai dari ke Malaka, Kuala Lumpur dan Johor Baru diakhir dengan kegiatan kunjungan di Kota Batam dan Bintan. (kta)