Dorong Pemuda Tingkatkan Kreatifitas, Dispora Gelar Rakor Kepemudaan

Selasa, 03 Maret 2020 - 20:33:24 - Dibaca: 1776 kali

Google Plus Stumbleupon


Wawako bersama Kadispora dan Kabid Pemuda foto bersama peserta Rakor Kepemudaan.
Wawako bersama Kadispora dan Kabid Pemuda foto bersama peserta Rakor Kepemudaan. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Dalam rangka memberikan bekal kepada pemuda, terutama yang berumur 16-30 tahun, maka Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepemudaan pada 2-3 Maret 2020 di aula Bappeda Kota Jambi.

        Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Walikota Jambi, DR. dr. H. Maulana, MKM. Dalam sambutannya Maulana mengatakan, dalam usia 16-30 yang dikatakan sebagai pemuda yang jumlahnya mencapai 106 ribu lebih di Kota Jambi. Mereka harus memiliki kompetensi, inovasi dan kreatifitas untuk bersaing di Kota Jambi.

        “Dengan jumlah sebanyak itu, bila tidak memiliki kreatifitas maka aka menjadi menjadi masalah dikemudian hari. Makanya Pemkot Jambi melakukan perhatian khusus,  untuk menyiapkan kalian agar dapaty berdaya saing. Kami mengajak kalian terlibat dalam pembangunan dan punya peranan dalam kepemudaan,” ujar Maulana kemarin. 

Salah satunya saat ini sudah diera digitalisasi dan  tantangan yang harus diikuti. Sekarang era bigdata,  bila menguasai bigdata maka ia sukses menguasai pasar. Untuk itu pemuda harus mampu berkompetisi dan mampu membaca peluang,  maka itu harua bersiap diri menyambut tantangan yang ada.

“Kita tidak memiliki SDA,  maka yang perlu dikembangkan adalah pariwisata dan SDM yang ada.  Makanya kita mengembangkan Danau Sipin dengan baik,  agar kita terus menjadi daerah yang bangkit. Tetapi dengan membaiknya pariwisata,  maka kita minta agar ada peran pemuda disitu,  jangan sampai pemuda daerah lain yg mengambil manfaat atas kemajuan Kota Jambi.  Makanya dibutuhkan pemuda yang kreatif,  inovatif dalam membangun Kota Jambi,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dispora Kota Jambi, Ir. Moncar Widaryanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para pemuda, terutama yang usia 16-30 tahun. Selain itu juga menambah ilmu pengetahuan dan mengidentifikasi seluruh potensi kepemudaan  melalui program kegiatan agar bisa optimal.

“Dengan Rakor ini diharapkan bisa membuka wawasan pemuda, untuk memiliki kreatifitas menghadapi tantangan ke depan, sehingga mereka memiliki kemandirian untuk memajukan keiatan mereka di Kota Jambi dan menjadi tuan rumah di daerah sendiri,” harap Moncar.

Dikatakan Moncar, peserta kegiatan ini sebanyak 50 orang yang berasal dari 24 OKP, BEM dan Ormas yang ada di Kota Jambi. Materi Rakor sendiri  tentang teknoprenuer/kewirausaan serta dampak anti narkoba, pengembangan organisasi yang efektif, tantangan pemuda diera industry 4.0 dan pembangunan, pemerintahan dan perekonomian dengan narasumber Bappeda Kota Jambi, BNN Kota Jambi, Kesbangpol, KNPI dan tokoh pemuda. (kta)