Cegah Covid-19, Tanjabbar Tiadakan Solat Jumat Dua Pekan

Kamis, 02 April 2020 - 10:20:22 - Dibaca: 1062 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

KUALATUNGKAL - Sehubungan dengan merebaknya virus Covid19 yang saat ini mewabah. Dewan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah memberikan himbauan dengan Nomor : A. 01/MUI-TJB/04/2020 tentang upaya menangkal dan menghadapi penyebaran virus Corona/Covid19. kepada masjid-masjid yang ada di dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk meniadakan salat Jumat pada tanggal 3 dan 10 April 2020.

Keputusan itu diambil dan ditanda tangani setelah diadakan rapat antara Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang didalamnya ada ketua MUI, sekertaris MUI, penasehat MUI, komisi fatwa MUI, penasehat MUI, ketua PD Muhammadiyah, ketua PC NU, wakil ketua PD Muhammadiyah, wakil ketua PC NU, Kapolres Tanjung Jabung Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama, dan Sekda selaku ketua Satgas Covid19 .

Di dalam rapat tersebut memutuskan :

1. Menghimbau kepada masjid-masjid di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk meniadakan salat Jumat pada tanggal 3 harga dan 10 April 2020 dengan tetap melaksanakan salat zuhur di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan karena telah terjadi kekhawatiran masyarakat terhadap penyebaran virus Corona di Tanjung Jabung Barat dan untuk memutus mata rantai penularan wabah virus Corona serta antisipasi tertular wabah.

2. Untuk salat fardu, muadzin tetap mengumandangkan adzan sebagai tanda masuk waktu salat berjamaah dalam jumlah terbatas. Kepada umat Islam dianjurkan salat di rumah.

3. Kepada umat Islam untuk menghentikan sementara kegiatan keagamaan yang melibatkan orang banyak. Seperti, phbi, pengajian, majelis taklim, dan termasuk kenduri atau walimah hingga dinyatakan aman.

4. Kepada pengurus Masjid agar memperhatikan kebersihan masjid dan lingkungannya dengan cara mencuci mengepel dan atau menyemprotkan disinfektan. Dan sementara sejadah ditiadakan.

5. Agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah, taubat, zikir, membaca qunut nazilah di setiap shalat fardu. Memperbanyak shalawat memperbanyak sedekah dan senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya. (Sun)