Gila! Uji Kekebalan Tubuh, Wali Kota Ini Biarkan Dirinya Terjangkit Virus Corona

Rabu, 08 April 2020 - 17:35:40 - Dibaca: 537 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

BERLIN-Walikota Berlin, Stephan von Dassel melakukan hal konyol dengan sengaja membiarkan terjangkit virus corona. Stephan melakukan itu untuk mengetahui kekebalan tubuhnya terhadap covid-19 itu.

Dilansir dari DW, Stephan mengatakan bahwa dia sadar bakal terjangkit corona setelah melakukan kontak fisik dengan salah satu rekannya. Namun dia meyakini akan sembuh hanya dalam jangka 3 hari. Tapi ternyata prediksinya tidak tepat. Dia justru sakit lebih lama.

“Saya sakit lebih lama dari yang saya kira. Saya terinfeksi dengan sengaja untuk mengembangkan kekebalan tubuh dan berpikir saya akan sedikit sakit selama tiga hari dan kemudian saya akan sembuh,” ujar Stephan.

“Tetapi itu jauh lebih buruk daripada yang saya bayangkan, ” imbuhnya kepada kepada penyiar publik RBB.

Pria berusia 53 tahun itu melanjutkan bahwa alasannya untuk membiarkan dia tertular untuk memastikan kondisi kesehatannya. Jika yang terjadi kekebalan tubuhnya bisa mengalahkan virus maka itu berarti dia akan tetap bekerja dan beraktifitas seperti biasa.

Dia mengatakan bahwa dia melihat virus itu sebagai kontribusi terhadap tujuan jangka panjang mencegah penyebaran covid-19.

Tindakannya ini jelas bertentangan dengan saran WHO yang menyarankan jaga jarak sosial untuk memperlambat penyebaran corona.

Tak ayal, muncul perdebatan di sosial media. Stephan membela dirinya dengan mengatakan akan bertanggung jawab dengan melakukan karantina mandiri. Dan tak akan menularkan ke yang lain. “Saya, saya dan tetap di karantina, sampai saya tidak lagi menular.” Kata dia. (dal).