Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi Sinergi dengan STIKES HI Kerjasama Pembuatan Hand Sanitizer

Senin, 13 April 2020 - 11:32:08 - Dibaca: 533 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi melakukan kerjasama dengan STIKES Harapan Ibu Jambi dalam pembuatan hand sanitizer yang nantinya bakal diperuntukkan bagi masyarakat di Kota Jambi. Ketua STIKES HI Jambi, Ns. Susi Widiawati M.Kep mengatakan, pihaknya siap untuk membantu rekan-rekan pelayanan Gugus Covid-19 Kota Jambi, untuk melaksanakan pembuatan hand sanitizer

“Karena laboratorium farmasi milik STIKES HI cukup memiliki alat-alat penunjang untuk pembuatan hand sanitizer dan didukung dengan dosen dan laboran yang terampil. Pembuatan hand sanitizer dikoordinator oleh Barmi Hartesi, M.Farm, Apt, melibatkan laboran serta mahasiswa STIKES HI. Sebenarnya institusi kami bersinergi dengan tim pelyanan Gugus Covid-19 Kota Jambi, karena kita memang saling membutuhkan satu sama lain,” kata Susi Kamis (9/4).
Tujuan pembuatan hand sanitizer ini nantinya merupakan sebagai bentuk pengabdian STIKES HI Jambi. olahan hand sanitizer ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat Jamb. STIKES HI maupun Yayasan STIKES HI Jambi sangat peduli dalam mengatasi Covid-19 di Jambi.
“Sinergi ini sangat diperlukan dalam mencegah perkembangan Covid-19,” terangnya.
Sementara, gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi yang diwakili Kabid Penunjang Pelayanan RSUD Abdul Manaf, Didik Sunaryadi, M.Kes menambahkan, dalam suasana mengatasi Pandemik Covid-19, pihaknya selalu berupaya membantu masyarakat untuk pencegahan pandemik tersebut. Mengingat langkanya ketersediaan hand sanitizer, pihaknya pun bekerjasama dengan STIKES HI Jambi dalam pembuatan hand sanitizer
“Pembelian handytizer saat ini sangat sulit, sehingga kami dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi melalui RSUD Abdul Manaf melakukan kerjasama dengan STIKES HI terutama laboratorium farmasi milik STIKES HI, untuk meracik hand sanitizer,” jelas Didik.
Hand sanitizer yang diracik tersebut tetap berpedoman sesuai yang telah digariskan pemerintah dalam hal ini BP POM, sehingga formula handytizer tersebut tidak mengurangi manfaat maupun kegunaan hand sanitizer seperti produk dipasaran. Kerjasama yang dilakukan pun sangat bernilai positif bagi rekan-rekan maupun mahasiswa farmasi di STIKES HI, karena terdapat pengalaman dalam pengabdian masyarakat, yang diwujudkan dalam pembuatan hand sanitizer dengan kualitas yang sama dipasaran.
“Kita miliki 100 galon untuk diproduksi menjadi hand sanitizer nantinya produk hand sanitizer yang dihasilkan akan disalurkan melalui Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi,” tandasnya. (Yos)