MAN IC Jambi Raih 2 Medali OSPC dan Juara Umum BIO EXPO 2020

Selasa, 21 April 2020 - 07:06:51 - Dibaca: 1016 kali

Google Plus Stumbleupon


Siswa dan guru pembimbing MAN Insan Cendekia Jambi foto bersama usai meraih Juara Umum BIO EXPO 2020 yang digelar Unja.
Siswa dan guru pembimbing MAN Insan Cendekia Jambi foto bersama usai meraih Juara Umum BIO EXPO 2020 yang digelar Unja. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Peserta didik MAN Insan Cendekia Jambi terus meraih berbagai prestasi . Melalui Event Kompetisi Ilmiah secara Online  Scince Project Competition (OSPC) tahun 2020 di kalangan pelajar dan mahasiswa yang digelar Indonesia Young Scientist Association (IYSA) Depok pada tanggal 17 s.d 23  Februari 2020 berhasil membawa prestasi yang membanggakan.

MAN Insan Cendekia Jambi mengirim 3 tim. Masing-masing tim mengirim 1 poster yang dibimbing oleh Guru Bahasa Indonesia (Yulleila, S.Pd dan Maryana, M.Pd) guna mengikuti Event Kompetisi Ilmiah secara Online  Scince Project Competition (OSPC) tahun 2020 di kalangan pelajar tingkat SMA/MA sederajat dan mahasiswa se-Indonesia.

“Alhamdulillah 2 tim berhasil mendapatkan 1 medali emas dan 1 medali perunggu bidang social science - pelajar dalam Online  Scince Project Competition (OSPC) tahun 2020 di kalangan pelajar dan mahasiswa yang diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA),” ujar Yulleila, S.Pd. 

Maryana, M.Pd menambahkan Medali Emas diraih oleh Deka Oktaviana dan Nadhilah Ismah (Kelompok Suaro Betino Rimbo) dengan judul Proyek Persepsi Orang Rimba Di Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Formal Bagi Perempuan.

Sedangkan Medali Perunggu diraih oleh M. Alif Rahman dan Farhan Ali Hasibuan (Kelompok Milenial) dengan judul proyek Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) : Roadmap Generasi Millenial Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.

“Kami sangat berharap kompetisi bidang riset terus ditingkatkan, karena riset adalah gerbang utama untuk menembus pendidikan di kancah internasional. Hasil karya peserta didik diharapkan bermanfaat untuk kemashlahatan umat. Riset pun sangat bermanfaat untuk meneruskan cita-cita Indonesia untuk membentuk peserta didik dalam menghadapi era milenial” ujar Yulleila dan Maryana.

Sementara itu Deka dan Nadhilah yang meraih medali emas Online  Scince Project Competition (OSPC) bidang social science tahun 2020 mengatakan, pengumuman pemenangnya pada tanggal 29 Maret 2020.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa membawa nama baik Kementerian Agama, khususnya MAN Insan Cendekia Jambi dan orang tua. Kami akan lebih giat lagi belajar dan latihan. Ajang ini akan kami jadikan pengalaman dalam menghadapi persiapan kompetisi yang lain,” ujar Alif dan Farhan Ali.

Prestasi lainnya adalah MAN Insan Cendekia Jambi Juara Umum BIO EXPO 2020 yang digelar Ikatan Mahasiswa Biologi (IMABIO) Universitas Jambi, Prodi Pendidikan Biologi Universitas Jambi pada 14-15 Maret 2020 lalu. Pada kompetisi tersebut, MAN Insan Cendekia Jambi mengutus 7 peserta didik serta 1 guru pendamping untuk berkompetisi antar pelajar SMA/MA sederajat se-Provinsi Jambi.

Rapidah,S.Si selaku guru pembimbing sekaligus mendampingi acara tersebut, menuturkan banyak pengalaman yang didapatkan peserta dari  BIO EXPO 2020 UNJA. Ajang ini dijadikan latihan dalam menghadapi persiapan kompetisi lainnya.

“Alhamdulillah MAN Insan Cendekia Jambi mendapat juara umum,”ujarnya dengan bangga menyebutkan  bahwa peserta didik yang meraih prestasi tersebut adalah Keanu Saputra Valenka Darmawan (Juara 1), M. Farhan Maulana (Juara 3), dan Rizki Hari Mulya (Harapan 1).

“Pengumuman pemenangnya pada tanggal 15 Maret 2020. Alhamdulillah, kami bersyukur bisa membawa nama baik Kementerian Agama, khususnya MAN Insan Cendekia Jambi dan orang tua," kata Keanu yang meraih juara 1 BIO EXPO .

Mereka berjanji akan lebih giat lagi belajar dan latihan. Ajang ini akan dijadikan pengalaman dalam menghadapi persiapan kompetisi yang lain, ujar Keanu, Farhan dan Rizki.

Terkait dua prestasi diajang yang sangat bergengsi tersebut, Kepala MAN Insan Cendekia Jambi (Zakiah, S.Ag, S.Pd., M.E.Sy) merasa bangga dengan prestasi yang diraih peserta didiknya tersebut. Diakuinya termasuk siswa berprestasi pada bidang akademik di madrasah.

“Semoga ke depannya bisa meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktoran KSKK Madrasah, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi yang telah mensupport madrasah serta terimakasih kepada pihak komite MAN Insan Cendekia Jambi sebagai perwakilan orang tua, terkhusus  kepada pembimbing,”ujar Zakiah.

        Selain berbagai prestasi tersebut, Ka.kankemenag Muaro Jambi juga menghadiri Pementasan Drama kelas XI di Gedung Sport Hall MAN Insan Cendekia Jambi pada tanggal  18- 19 Februari 2020 yang lalu.

Drama ini dibuat sebagai media praktik pembelajaran  Bahasa Indonesia.

Ka.kankemenag Muaro Jambi, H. Buhri Y, S.Pd., M.E.I mengatakan kegiatan yang diadakan oleh peserta didik kelas XI MAN Insan Cendekia Jambi tahun Ajaran 2019/2020 sangatlah luar biasa. Dengan hasil pertunjukan yang mengandung pesan moril dengan tampilan kocak dan menghibur.

Ia juga bangga terhadap peserta didik yang tak kenal lelah untuk berlatih, dengan padatnya waktu belajar, mereka masih semangat untuk berlatih untuk menampilkan pertunjukan yang spektakuler di hadapan penonton.

Harapan kedepan kegiatan ini akan dicanangkan dalam perlombaan Seni antar Madrasah yang berada di Lingkup Kemenag Muaro Jambi, baik dari tingkat Madrasah Tsanawiyah sampai Madrasah Aliyah, dengan judul dan tema yang ditentukan. (kta)