Quraish Shihab: Berdosalah Mereka yang Tak Mengikuti Aturan Pemerintah

Jumat, 24 April 2020 - 14:43:51 - Dibaca: 2493 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAKARTA - Ulama Quraish Shihab mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi peraturan pemerintah selama pandemi corona di tanah air. Ia berharap agar seluruh aturannya bisa dipatuhi.

Quraish mengatakan, selama yang diperintahkan tidak bertentangan dengan tujuan agama, warga wajib mematuhi. "Ini adalah kewajiban warga untuk mengikuti kebijakan pemerintah yang didukung oleh para ahli," ucap Quraish melalui sambungan video conference di BNPB, Jakarta, Jumat (24/2/2020).

Mantan Menteri Agama Pembangunan VII 1998 ini mengatakan anjuran pemerintah saat ini yang terbaik adalah berdiam diri di rumah. Langkah ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Dirinya menyarankan, agar umat Islam mengisi kegiatan di rumah dengan ibadah yang bermanfaat. Terutama saat ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

"Yang terbaik sekarang adalah di rumah. Lakukan aneka aktivitas yang sesuai dengan nilai-nilainya," ucap Quraish.

Dirinya menegaskan, umat Islam berdosa jika tidak mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah tersebut, karena ketetapan itu sejalan tuntunan dari agama.

"Sehingga bisa dikatakan, berdosalah mereka yang melanggar ketetapan itu. Berdosalah mereka yang tidak mengikuti ketentuan-ketentuan itu. Karena apa yang ditetapkan tidak bertentangan dengan ajaran agama," pungkas Quraish. (mg9/jpnn)

Sumber: www.jpnn.com