Kantongi Izin Kemdikbud, ITS-NU Jambi Resmi Berdiri

Minggu, 03 Mei 2020 - 14:21:06 - Dibaca: 2043 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Penantian warga Nahdiyin Provinsi Jambi untuk memiliki kampus tersendiri akhirnya terwujud. Hal tersebut setelah Kemendikbud RI mengeluarkan Surat Keputusan Izin Pendidian Institut Teknologi dan Sains Nadhlatul Ulama (ITS NU) Jambi No. 448/M pada tanggal 15 April 2020 lalu.

Dalam SK tersebut juga disebutkan bahwa ITS NU Jambi diamanahkan untuk mengelola 3 Program Studi dari 5 Prodi yang diajukan sebelumnya. Tiga prodi tersebut adalah S1-Kehutanan, S1-Agronomi dan S1-Sistem Informasi. Ketiga dianggap sudah mencapai standar minimum akreditasi. 

Ketua Panitia Pendidian ITS-NU Jambi, Prof. DR. H. Lias Hasibuan, MA mengatakan, dirinya bersyukur karena izin sudah diserahkan. Untuk itu dirinya mengajak semua elemen untuk ikut mendukung dan membesarkan ITS-NU Jambi ini.

“Alhamdulillah izin sudah ada dan sekarang tinggal menyiapkan dan memantapkan segala fasilitas yang diperlukan sebelum menerima mahasiswa baru,” ujar Lias yang Ketua PW ISNU Provinsi Jambi saat dihubung lewat Whatsapp kemarin.

        Dikatakannya, dengan dikeluarkannya izin ini akan menjadi berkah bagi warga NU di Provinsi Jambi, sekaligus sebagai tantangan solidaritas. Turunnya izin pendirian sebuah lembaga, bukan bermakna semuanya sudah selesai dan menang, tetapi justru sebuah tantangan baru untuk menguji paradigma, men-lockdown ego dan kepentingan, agar sebuah lembaga yang notabene didirikan oleh sebuah perkumpulan bisa eksis dan terus berkembang. 

        Setelah izin tersebut dikeluarkan Kemendikbud, Lias mengakui bahwa pihaknya akan segera melakukan konsolidasi ke dalam. Terutama bagaimana menyiapkan kampus ini selum menerima mahasiswa baru dari 3 jurusan yang sudah disetujui Kemdikbud.

        “Saat ini kita masih menunggu konsolidasi internal dulu. Sekarang masih terganggu covid 19 dan mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama bisa segera terealisasi,” beber mantan Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi ini. (kta)