Adi Putra, Laksanakan Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi

Kamis, 14 Mei 2020 - 22:54:02 - Dibaca: 1510 kali

Google Plus Stumbleupon


Dr. Adi Putra, SP, ME bersama keluarga foto bersama Pimpinan Sidang, Penguji dan Promotor  ujian terbuka/sidang Promosi Doktor Bidang Ekonomi pada Kamis (14/05) kemarin.
Dr. Adi Putra, SP, ME bersama keluarga foto bersama Pimpinan Sidang, Penguji dan Promotor ujian terbuka/sidang Promosi Doktor Bidang Ekonomi pada Kamis (14/05) kemarin. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Ditengeh Pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk Jambi, Program Studi (Prodi) Dokter Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Jambi (Unja) kembali melaksanakan ujian terbuka/sidang Promosi Doktor atas nama DR. Adi Putra, SP, ME pada Kamis, 14 Mei 2020 kemarin.

        Promovedus Adi Putra salah seorang dosen Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJ) berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul ‘Pengelolaan Dana Desa dengan Pendekatan Comprehensive Community Initiatives (CCI) dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteran Masyarakat (Studi Kasus Wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat Kerinci-Jambi.

        Untuk tim penguji sendiri terdiri dari Prof. Dr. Ir. Hj. Anis Tatik Maryani, MP (Ketua Sidang/Direktur), Dr. M. Surya Hidayat, SE, ME (Sekretaris/Ketua Program Doktor), Prof. Dr. Ir. H. Suandi, SE, MSi (Penguji Bidang Konsentrasi),Dr. H. Zamzami, SE, MSi SE, MSi (Penguji Bidang Konsentrasi), Prof. Dr. M. Firdaus, SP, MSi (Penguji Eksternal dari IPB), Prof. Dr. Ir. H. Zulkifli Alamsyah MSc (Promotor), Prof. Dr. H. Haryadi, MMA (Co Promotor) dan Dr. Muhammad Safri, SE, MSi (Co Promotor).

        Dalam ujian terbuka yang digelar tersebut, kandidat Doktor dalam bidang ilmu ekonomi dengan minat ekonomi pertanian tersebut mengatakan, perbedaan potensi SDA, SDM dan faktor demografis, geografis yang belum dikelola secara baik, telah mendorong terjadinya ketimpangan pembangunan antar wilayah Indonesia. Sehingga pertumbuhan ekonomi nasional menjadi tidak stabil dan kesejahteraan masyarakat juga belum merata.

        “Salah satu solusi untuk menyelesaikan persoalan ketimpangan pembangunan antar wilayah yaitu dengan optimalisasi UU Otonomi Daerah dan UU Desa sebagai landasan kebijakan pengalokasian dana desa. Berdasarkan kebijakan tersebut Pemdes dapat menerapkan system perencanaan program Dana Desa melalui bottom up planning, sehingga harapan implementasi Dana Desa menjadi lebih efektif, produktif dan mendorong terjadinya perubahan struktur perekonomian di desa menjadi lebih baik akan tercapai,” ujar Adi Putra dalam sidang.

        Namun fakta-fakta terjadinya penyelewengan serta penyalahgunaan Dana Desa yang merugikan keuangan negara dan masyarakat, memperlihatkan bahwa system pengalokasian Dana Desa di masyarakat masih ada yang belum tepat, sehingga masih diperlukan adanya system, strategi serta model yang tepat dalam pengalokasian Dana Desa.

        “Dalam penelitian ini peneliti mencoba merumuskan sebuah model pengelolaan Dana Desa secara partisipatif melalui pendekatan Comprehensive Community Initiatives (CCI). Diharapkan adanya model tersebut pola perencanaan Dana Desa tidak lagi lebih focus pada renovasi infrastruktur fisik untuk mendorong peningkatan kesejahteran masyarakat, tetapi juga pada aspek pemberdayaan mellaui penguatan modal sosial masyarakat,” aku anggota BAN-SM Provinsi Jambi ini.

        Pelaksanaan ujian Promisi Doktor ini berjalan dengan baik, walaupun dilaksanakan secara Daring dan sebagian penguji tidak berada ditempat ujian, tetapi pelaksanaan ujian berlangsung dengan baik. Begitu juga keluarga bisa melihat ujian melalui Daring. (kta)