Setelah Era Messi dan Ronaldo, Inilah Penguasa Predikat Pemain Terbaik Selanjutnya

Sabtu, 16 Mei 2020 - 12:16:35 - Dibaca: 11129 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAKARTA – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan pemain terbaik dunia satu dekade terakhir. Hanya Luka Modric yang sempat menghentikannya pada tahun 2018. Tapi gelar terakhir kembali ke tangan Messi.

Mungkin itu akan jadi penghargaan Ballon d’Or terakhir Messi sekaligus mengakhiri era kejayaannya bersama sang rival, Ronaldo. Mengingat usia keduanya sudah memasuki kategori veteran.

BACA JUGA: Dipo Ilham: PAN Belum Tentu Usung Ratu

Ronaldo sudah 35 tahun dan Messi berusia 33 tahun musim panas ini.

Selain karena faktor usia, kini sudah bermunculan talenta-talenta terbaik dunia yang layak jadi penguasa predikat pemain terbaik selanjutnya.

Mantan rekan setim Messi di Barcelona, Samuel Eto’o pun percaya era keemasan bintang Argentina itu segera berakhir dan penggemar harus bersiap menyambut nama-nama baru dalam perebutan gelar prestisius individu itu.

Samuel Eto'o.

Samuel Eto’o.

Eto’o menyebut wonderkid Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe sebagai kandidat kuat pemain yang akan panen gelar Ballon d’Or di masa mendatang.

“Pemain terbaik saat ini? Saya harus mengakui Lionel Messi, yang lebih berpengalaman, dan Kylian Mbappe adalah anak muda yang membuat kesan terbesar,” katanya saat live Instagram dengan Generation Amazing, dikutip Pojoksatu.id dari Metro.co.uk.

“Saya pikir dia (Mbappe) akan menjadi pemimpin pemain terbaik di tahun-tahun mendatang,” ujar Eto’o menyinggu peluang winger 21 tahun itu.

Eto’o baru pensiun dari sepakbola profesional pada September 2019 lalu dan legenda Kamerun ditanyai tentang siapa yang dia rasakan sebagai striker terbaik sepanjang masa. “Yang terbaik dari semuanya adalah Ronaldo (Brasil), Il Fenomeno,” kata Eto’o.

“Saya sangat menghormati dan mengaguminya. Lalu ada banyak dari kita yang muncul di belakangnya, dan saya akan memasukkan saya di antara mereka,” tuturnya.

Prediksi Eto’o itu tampaknya senada dengan mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger. Ia melihat potensi besar yang dimiliki Mbappe dan mengharapkan pemain depan Prancis itu bertarung dengan Neymar jadi pemain terbaik dunia di tahun-tahun mendatang.

“Lionel Messi … kami belum pernah melihat pemain seperti itu yang benar-benar bisa kreatif dalam situasi ketat apa pun,” kata Wenger kepada talkSPORT.

“Para pemain ini sekarang akan segera memasuki akhir karirnya – Ronaldo dan Messi. Sekarang tentang generasi berikutnya dan generasi berikutnya mungkin Perancis. Saat ini, pemimpinnya adalah Mbappe,” lanjut Wenger.

“Tentu saja Neymar, kita tahu. Tapi Inggris saya yakin memiliki peluang bagus. Sekarang mereka melakukannya dengan sangat baik di tingkat pemuda.”

“Mereka bermain bagus dengan Gareth Southgate di Piala Dunia. Saya berharap di Piala Eropa mereka (Inggris) akan menjadi salah satu pesaing (dalam perburuan juara),” pungkasnya.

(fat/pojoksatu)

Sumber: www.pojoksatu.id