BI Salurkan APD untuk RSUD Ahmad Ripin

Rabu, 03 Juni 2020 - 14:40:43 - Dibaca: 372 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

SENGETI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi melakukan penyerahan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis yang menangani pencegahan penularan pandemi Covid-19 di RSUD Ahmad Ripin, Sengeti, Kabupaten Muaro Jambi pada Selasa (2/6).

Penyerahan ini dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto yang juga dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Hasbi Anshory, SE, MM.

Penyerahan APD ini dilakukan secara bertahap sesuai lokasi penyerahan. Bank Indonesia menyerah bantuan APD secara simbolis kepada RSUD Ahmad Ripin sebanyak 50 dan RSUD Sungai Bahar 20, sehingga total bantuan APD yang diserahkan untuk Kabupaten Muaro Jambi sebanyak 70 set. Secara total, bantuan APD berjumlah 526 paket yang didistribusikan kepada sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas di beberapa Kabupaten, yakni Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Batang Hari. Adapun satu set APD meliputi pakaian APD standar internasional, masker KN95, masker bedah, face shield, kacamata pelindung (goggle), hand gloves, dan hair cap.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto mengatakan bahwa BI tugas utamanya adalah menjaga stabilitas ekonomi negara dan mengendalikan inflasi serta stabilitas nilai tukar mata uang. Di samping itu, BI tetap peduli dengan permasalahan yang dihadapi saat ini. Jadi bantuan ini adalah sebagai bentuk kepedulian BI terhadap penanganan pandemi Covid-19 dan untuk menjaga kesehatan para pejuang garda terdepan penanganan Covid-19. "Kami harap bantuan ini dapat membantu tenaga kesehatan dalam melindungi diri dalam merawat pasien Covid-19, dan juga kami berharap pasien tidak semakin meningkat dan tenaga kesehatan dapat bekerja terus secara maksimal," sebut Bayu.

Selain bantuan APD, BI juga telah menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu di beberapa Kabupaten dalam Provinsi Jambi. Bantuan sembako ini didapat dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) serta donasi internal pegawai BI. "Semoga Pandemi ini cepat berlalu dan kami berharap ekonomi masyarakat dapat kembali normal dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," harap Bayu.

Sementara itu Asisten III Pemkab Muaro Jambi, Junaidi SP MM mengucapkan terima kasih atas bantuan APD dari BI tersebut, dan Pemkab Muaro Jambi sangat mengapresiasi atas bantuan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Muaro Jambi. "Semoga APD yang telah diserahkan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menjadi alat pelindung diri untuk tenaga medis kita dalam menjalankan tugasnya, dan saya berharap semoga pademi ini akan segera berakhir dan Muaro Jambi segera kembali normal," harap Junaidi. (era)