Dua Peserta Didik MAN IC Jambi Go Internasional dan Lulus di Rusia

Senin, 08 Juni 2020 - 20:56:38 - Dibaca: 995 kali

Google Plus Stumbleupon


Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Zakiah, S.Ag., S.Pd., M.E.Sy
Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Zakiah, S.Ag., S.Pd., M.E.Sy / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Lulusan MAN Insan Cendekia Jambi kembali Go Internasional setelah  2 orang peserta didiknya dinyatakan lulus Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia untuk bersekolah di Universitas ternama di Rusia.

Peserta didik yang berhasil lulus adalah Shafatyra Redhita Salsabila (XII MIA 3) dan Adjie Sumantri (XII IIS1). Shafatyra berhasil diterima di “Moskow Power Engineering and Computer Engineering Institut” (Top 25 University in Moskow)  pada jurusan Information Science and Computer Engineering dan Adjie Sumantri diterima di “Tomsk State University” (Top 10 University in Rusia) Jurusan Human Resource Management.

Setiap tahun, Pemerintah Federasi Rusia memberikan peluang bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk kuliah di Rusia. Program beasiswa dibuka untuk jenjang S1, S2, dan S3 yang didahului program bahasa selama 1 (satu) tahun.

Program ini memiliki beberapa tahapan seleksi yaitu pendaftaran dan pemilihan Perguruan Tinggi serta program studi, seleksi berkas administrasi, dan seleksi wawancara di Jakarta. Selanjutnya dinyatakan lulus wawancara, calon penerima beasiswa akan melengkapi dokumen tambahan untuk persiapan keberangkatan ke Rusia.

Program beasiswa ini setiap tahunnya menjadi incaran bagi para alumni MAN Insan Cendekia Jambi dan setiap tahun peserta didik MAN Insan Cendekia Jambi lulus di Rusia.

Safatyra salah seorang peserta yang lulus mengatakan bahwa semua jerih payah pihaknya terbayarkan. “Alhamdulillah terbayarkan, dari awal pendaftaran sampai sekarang. Ini adalah rezeki dari Allah dan semoga bisa menjalankan kuliah di Rusia nantinya dengan baik,” aku Safatyra.

Sementara itu Adjie Sumantri menambahkan bahwa dirinya sangat bersyukur atas rezeki yang telah Allah berikan. “Kami juga berterima kasih untuk semua do’a serta dukungan dari pihak terutama kedua orang tua, Kepala MAN Insan Cendekia Jambi, serta guru dan tenaga kependidikan MAN Insan Cendekia Jambi,” bebernya.

keduanya juga memohon do’a supaya pandemi covid-19 yang melanda dunia segera terselesaikan dan semua kegiatan termasuk perkuliahan dapat berjalan dengan lancar.

Kepala MAN Insan Cendekia Jambi (Zakiah, S.Ag., S.Pd., M.E.Sy) menuturkan pihak Madrasah sangat bersyukur dan selalu mensupport alumninya yang akan belajar di luar negeri. “Harapannya ke depan semoga akan ada lebih banyak lagi peserta didik MAN Insan Cendekia Jambi Go Internasional,” harapnya. (kta)