Direktur KSKK Madrasah Kemenag Buka MATSAMA MAN IC Secara Daring

Selasa, 21 Juli 2020 - 19:39:28 - Dibaca: 1777 kali

Google Plus Stumbleupon


Suasana kegiatan MATSAMA siswa baru MAN IC Jambi yang digelar secara Daring.
Suasana kegiatan MATSAMA siswa baru MAN IC Jambi yang digelar secara Daring. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-MAN Insan Cendekia (IC) Jambi melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2020/2021. Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 peserta didik baru, dimana MATSAMA digelar melalui system Daring (Zoom Cloud) pada 13 Juli 2020 lalu.

Dalam kegiatan ini pihak panita MATSAMA MAN Insan Cendekia Jambi tahun mengusung tema ‘Mencetak Generasi Hebat dan Bermartabat’. Acara dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) MAN Insan Cendekia Jambi.

Acara pembukaan MATSAMA secara resmi oleh Direktur KSSK Madrasah Kemenag RI (DR. H. A. Umar, MA) dan diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jambi (Drs. H. Muhamad, M.Pd.I), Ketua Komite MAN Insan Cendekia Jambi (Dr. M. Siddik, M.Pd.) dan majelis guru serta seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 yang didampingi orang tua dari rumah masing-masing.

Direktur KSSK Madrasah KemenagRI (DR. H. A. Umar, MA) mengucapkan selamat kepada anak-anak didik MAN IC Jambi baru yang berhasil terpilih dan lolos memasuki kampus MAN Insan Cendekia yang termasuk dalam kategori kampus, dimana siswa-siswinya telah teruji memiliki prestasi, kemandirian dan pribadi yang tangguh.

“Anak-anakku telah melewati seleksi yang sangat ketat yang diikutioleh 17.000 peserta didik se-Indonesia, anak-anakku adalah bagian yang kecil yang bisa lolos seleksi ini. Seharusnya anak-anakku sekarang melaksanakan MATSAMA secara tatap muka di madrasah, namun karena pandemic covid-19 MATSAMA dilaksanakan secara virtual. Yang paling penting adalah semangat anak-anakku dalam belajar,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Jambi (Drs. H. Muhamad, M.Pd.I) dalam sambuntannya mengatakan, awal masuk madrasah menjadi pintu gerbang pertama dalam mengenal madrasah dan menggali potensi anak yang dikenal dengan istilah MATSAMA.

Masa Taaruf Siswa Madrasah dikatakan Muhammad diperlukan dalam rangka menentukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah. Menjadi generasi hebat memerlukan perjuangan dan mampu menghadapi situasi dan kondisi, termasuk covid-19 saat sekarang ini.

“Saya berharap MAN Insan Cendekia Jambi mampu berkompetisi disegala bidang, terutama dalam bidang sains dan riset. Dalam menghadapi masa pandemic covid-19 ini, patuhi aturan kesehatan, semoga kita semua terlindungi,” harap Kakanwil.

Selanjutnya Ketua Komite MAN Insan Cendekia Jambi (Dr. Siddik, M.Pd) menyampaikan selamat dan sukses diterimanya peserta didik baru sebagai siswa-siswi tahun pelajaran 2020/2021.

“Bayangkan dari 1.260 siswa yang mendaftar, yang dinyatakan lulus seleksi bahan 1059 siswa. Dari 1059 siswa yang dinyatakan lulus bahan, yang diterima di MAN Insan Cendekia Jambi hanya 120 orang. Selamat bergabung kepada ananda di kampus prestasi, mandiri, dan Islami MAN Insan Cendekia Jambi,” ucapnya.

Kepala MAN Insan Cendekia Zakiah, S.Ag, S.Pd, M.E.Sy menjelaskan bahwa MATSAMA merupakan kegiatan awal masa orientasi yang menjadi pintu gerbang pertama dalam mengenalkan lingkungan madrasah dan berpotensi menggali potensi perserta didik. MATSAMA tahun 2020/2021 berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Dimana tahun sebelumnya MATSAMA dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, tatap muka dan interaksi secara langsung. Namun pada tahun ini, seluruh kegiatan, kepanitiaan, dan peserta didik dengan menggunakan media virtual berbasis online karena situasi dan kondisi pandemic covid-19 yang lebih memperhatikan keselamatan dan kesehatan peserta didik,” akunya. Hal ini tertuang dalam SKB 4 MenteriTahun 2020.

Selanjutnya Zakiah menjelaskan peran orang tua diharapkan dapat membantu dalam membimbing anak pada kegiatan proses belajar mengajar. Beliau juga menegaskan bahwa pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, peserta yang MATSAMA sebanyak 120 orang siswa, terdiri 52 orang putra dan 68 orang putri.

“Selama pandemic covid 19 ini, MAN Insan Cendekia Jambi telah melakukan proses pembelajaran melalui e-learning KSSK Madrasah Kemenag RI atau melalui ruang Daring lainnya,” tambahnya.  (kta)