AHY dan Anies dari Oposisi, Lawannya Bukan Gibran

Selasa, 28 Juli 2020 - 06:12:42 - Dibaca: 2184 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAKARTA-Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe membenarkan bahwa dalam politik segala hal mungkin terjadi.

Namun, partai-partai politik tentunya juga tidak akan berlaku konyol dalam hal mengusung pasangan calon presiden-calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Segala kemungkinan bakal dipertimbangkan dengan matang, sehingga hasilnya benar-benar maksimal seperti yang diharapkan.

"Misalnya, muncul pertanyaan apa mungkin Puan Maharani bakal berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024? Saya kira peluang ini sangat kecil," ujar Ramses kepada jpnn.com, Senin (27/7).

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini, Puan merupakan kader utama PDI Perjuangan saat ini.

Demikian juga Gibran, tidak bisa dilepaskan dari PDI Perjuangan mengingat sosoknya sebagai putra Presiden Joko Widodo yang identik dengan PDIP.

Gibran juga diusung oleh PDIP di Pilkada Solo 2020.

Karena keduanya berasal dari partai yang sama, maka kata Ramses kemudian, tidak efektif untuk maju berpasangan, walau diakui pengaruh Presiden Jokowi di Pilpres 2024 mendatang masih cukup kuat.

"Bila Puan-Gibran yang dipasangkan, saya kira akan banyak partai politik yang sebelumnya berkoalisi dengan PDI Perjuangan akan minggat," katanya.

Dosen di Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta ini memprediksi Puan berpasangan dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Siapa nama calon dari oposisi saat ini yang berpeluang maju di Pilpres 2024? Tampaknya Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum Partai Demokrat) dan Anies Baswedan berpeluang juga untuk maju," pungkas Ramses. (gir/jpnn)

sumber: www.jpnn.com