Ini Dia Riding Gear Wajib Agar Aman Berkendara Sepeda Motor di Era New Normal

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 16:30:32 - Dibaca: 242 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI – PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen), main dealer sepeda motor Honda di Provinsi Jambi Kembali mengadakan kegiatan bertajuk Ngoprek “Ngobrol Online Seputar Komunitas”. (30/07).

1ACEF47F-0C5C-4770-9CB2-62134F3719A8

Instruktur Safety Riding Honda Sinsen, Rudi Septiyadi mengatakan Kegiatan Ngoprek kali ini bertema “Riding Gear untuk Keamanan dan Kenyamanan Berkendara” dan yang pasti diakhir acara akan ada quiz berhadiah helm exclusive.
“Riding Gear atau perlengkapan berkendara merupakan suatu perlengkapan yang wajib digunakan ketika kita akan berkendara sepeda motor, penggunaan riding gear akan membuat kita aman dan nyaman saat berkendara sepeda motor”, ungkap Rudi.
Ketika kita berkendara, selain harus menyiapkan kondisi fisik, kondisi sepeda motor dan surat-surat kendaraan, kita juga wajib menggunakan Riding Gear atau perlengkapan berkendara untuk keselamatan diri kita, lalu apa saja Riding Gear yang wajib kita gunakan ketika berkendara, simak penjelasan berikut ini :
Yang pertama adalah helm, helm merupakan perlengkapan berkendara yang tidak boleh kita lupakan ketika akan berkedara, helm berfungsi untuk melindungi kepala dari dampak benturan apabila kita terjatuh dari sepeda motor. Ada 2 jenis helm yang direkomendasikan untuk berkendara, yaitu helm full face dan helm open face, jangan lupa juga helm yang kita gunakan sudah sesuai dengan Standard Nasional Indonesia atau SNI.
Selanjutnya adalah jaket, selain berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca panas atau cuaca dingin, jaket juga berfungsi untuk mengurangi dampak benturan saat kita terjatuh dari kendaraan, gunakan jaket yang sesuai untuk berkendara sepeda motor, gunakan jaket yang berwarna cerah dan mudah menyerap keringat.
Kemudian celana panjang, penggunaan celana panjang saat berkendara sepeda motor dapat melindungi bagian kaki kita dari resiko cidera yang cukup parah ketika terjatuh dari sepeda motor, gunakan celana panjang yang tidak terlalu ketat demi kenyamanan kita saat berkendara.
Perlengkapan berkendara berikutnya adalah sepatu, sepatu dapat melindungi bagian kaki kita dari resiko cidera yang lebih besar akibat terjatuh dari sepeda motor, gunakan sepatu yang melindungi semua bagian kaki.
Yang terakhir adalah sarung tangan, sarung tangan berfungsi melindungi bagian tangan dari cuaca panas ataupun ketika terjatuh dari sepeda motor, gunakan sarung tangan yang melindungi semua bagian jari dan telapak tangan.
“Di Era New Normal seperti saat ini, ada baiknya juga kita selalu memakai masker saat berkendara, untuk melindungi diri kita dan orang lain. Mari jadikan ini sebagai kebiasaan baik kita demi keselamatan diri kita sendiri. Jangan lupa kemanapun perginya, selalu #Cari_aman” tutup Rudi. (van/*)