MAN Insan Cendekia Jambi Gelar Matrikulasi Peserta Didik Baru Sistem Daring

Selasa, 04 Agustus 2020 - 19:55:33 - Dibaca: 2301 kali

Google Plus Stumbleupon


Kepala MAN IC Jambi Zakiah, SAg, SPd, M.E.Sy saat menyampaikan materi martikulasi kepada peserta didik baru.
Kepala MAN IC Jambi Zakiah, SAg, SPd, M.E.Sy saat menyampaikan materi martikulasi kepada peserta didik baru. / Jambi Ekspres Online

MUAROJAMBI-MAN Insan Cendekia Jambi melaksanakan kegiatan Matrikulasi tahun pelajaran 2020/2021 melalui system daring (Zoom Cloud) pada 16 Juli 2020 lalu di Gedung SerbaGuna (GSG) MAN Insan Cendekia Jambi.

Pembukaan matrikulasi secara resmi oleh Kakan Kemenag Kabupaten Muaro Jambi, H. Buhri Y, S.Pd, M.EI diikuti oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag H. Abd. Rahman, SPd, MPd.I, Ketua Komite MAN Insan Cendekia Jambi Dr. M. Siddik, M.Pd dan majelis guru serta seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 120 siswa.

Kakan Kemenag Kabupaten Muaro Jambi H. Buhri Y, SPd, M.EI dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses pembelajaran dengan model matrikulasi dapat digunakan sebagai solusi dari permasalahan peserta didik yang inputnya berbeda-beda dalam mencapai ketuntasan belajar.

Perbedaan latar pendidikan dan asal daerah mempengaruhi proses belajar siswa untuk menguasai pembelajaran. Secara operasional program matrikulasi diartikan sebagai kegiatan penyamaan kompetensi peserta didik agar kesenjangan antara muatan atau substansi dan pengalaman belajar dari yang berbeda dapat dipenuhi sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai.

“Kegiatan matrikulasi dilaksanakan secara terencana dan terprogram dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu kepada seluruh peserta didik agar dapat mengikuti kegiatan matrikulasi ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Selanjutnya Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi H. Abd. Rahman, SPd, M.Pd.I menambahkan berdasarkan hasil tes yang diselenggarakan pada 22-23 Februari 2020 sebanyak 120 jiwa yang berasal dari berbagai provinsi yang terdiri dari 52 putra dan 68 putri lolos di MAN Insan Cendekia Jambi.

Program matrikulasi untuk peserta didik baru tahun ajaran 2020-2021 merupakan program Madrasah dalam rangka pengenalan materi-materi pada peserta didik. Program matrikulasi dapat menyamakan pandangan peserta didik terhadap materi pelajaran yang akan diikuti selama di Madrasah.

Selain itu program matrikulasi untuk menyetarakan kemampuan peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda. Beliau berharap kepada anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya Ketua Komite MAN Insan Cendekia Jambi Dr. Siddik, M.Pd menyampaikan selamat mengikuti matrikulasi bagi peserta didik MAN Insan Cendekia Jambi Angkatan ke 13. “Belajar dengan sungguh-sungguh, semoga memperoleh hasil yang terbaik,” harapnya.

Kepala MAN Insan Cendekia Jambi Zakiah, S.Ag, S.Pd, M.E.Sy menambahkan matrikulasi merupakan salah satu bagian dari program madrasah. Matrikulasi akan dilaksanakan mulai tanggal 16 Juli sampai dengan 12 September 2020.

Matrikulasi memiliki tujuan untuk menyamakan persepsi peserta didik sebagai langkah awal pembelajaran. Matrikulasi terdiri dari tahfizh, pembinaan karakter, ibadah, dan mata pelajaran peminatan IPA (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi), Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

Selanjutnya Zakiah menjelaskan peran orang tua diharapkan dapat membantu dalam membimbing anak pada kegiatan proses belajar mengajar. Beliau juga menegaskan bahwa pada tahun pelajaran 2020/2021 ini, peserta yang Matrikulasi sebanyak 120 orang siswa, yang terdiri 52 orang putra dan 68 orang putri.

“Selama pandemic Covid-19 ini, MAN Insan Cendekia Jambi telah melakukan proses pembelajaran melaluie-learning KSSK Madrasah Kemenag RI atau melalui ruang Daring lainnya, tambahnya,” harapnya. (kta)