Direktur KSKK Madrasah Kemenag Kukuhkan Alumni MAN IC Jambi Angkatan XI

Selasa, 04 Agustus 2020 - 20:23:25 - Dibaca: 1371 kali

Google Plus Stumbleupon


Suasana pengukuhan Alumni MAN IC Jambi angkatan XI secara Daring.
Suasana pengukuhan Alumni MAN IC Jambi angkatan XI secara Daring. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-MAN Insan Cendekia Jambi mengadakan pelepasan dan pengukuhan alumni peserta didik angkatan XI tahun 2020 dengan tema mencetak generasi emas hebat bermartabat secara Daring pada Senin 27 Juli 2020 di aula Kanwil Kemenag Provinsi Jambi.

Pelepasan dan pengukuhan alumni peserta didik angkatan XI MAN Insan Cendekia Jambi tahun 2020, secara resmi dikukuhkan oleh Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI (Dr. H. A Umar, MA) secara daring (live di Humas TV Kanwil Kemenag Jambi, Youtube Humas TV Kanwil Kemenag Jambi dan zoom cloud) mulai pukul 09.00 WIB.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. H. A Umar, MA mengatakan atas nama Direktorat KSKK Madrasah, mengucapkan selamat kepada anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan di MAN Insan Cendekia Jambi, kampus prestasi, mandiri dan Islami.

“Alhamdulillah bertambahnya alumni MAN Insan Cendekia Jambi semakin mengokohkan dan menguatkan jejaring Madrasah Aliyah di nusantara, terutama menguatkan madrasah-madrasah yang mencapai 82.450 dari Sabang sampai Merauke,” ujar Umar kemarin.

Beliau berharap anak-anak yang baru saja menyelesaikan pendidikan di MAN Insan Cendekia Jambi agar mengukir prestasi seperti alumni yang sudah ada sebelumnya seperti hasil karya inovasi dari alumni madrasah platform e-learning KSKK Madrasah.

“Alhamdulillah alumni Madrasah berhasil membuat pembelajaran yang tidak kalah dari platform pembelajaran lainnya, yang dalam minggu ini sudah di upgrade dengan adanya video conference,” akunya.

Selanjutnya beliau berpesan kepada alumni MAN Insan Cendekia Jambi agar kembangkan yang 3 (tiga) kuatkan yang 1 (satu). Pertama yakni sains dan teknologi, kedua penguasaan ilmu komunikasi dan teknologi informasi dan ketiga memiliki jiwa entrepreneurship yang bagus dan jiwa vokasi yang baik, serta berkepribadian sebagai alumni madrasah yakni kekuatan karakter keagamaan, karakter kebangsaan dan karakterke-Indonesiaan.

“Dimanapun kampus yang anak-anak dapatkan biasakan pola belajar yang benar, pola hidup yang baik dan keberagamaan yang utuh,” harapnya.

Selanjutnya Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi (Drs. H. Muhamad, M.Pd.I) dalam sambutannya menambahkan MAN Insan Cendekia Jambi adalah lembaga kebanggaan Provinsi Jambi yang telah banyak menyumbangkan prestasi. Siswa MAN Insan Cendekia Jambi tetap berprestasi dibidang agama, meskipun mereka dituntut memiliki prestasi dibidang akademik.

Hal ini dibuktikan alumni MAN Insan Cendekia Jambi Angkatan XI telah banyak diterima di perguruan tinggi. Dirinya mohon maaf jika dalam pelayanan selama di MAN Insan Cendekia Jambi belum maksimal dan dirinya tetap mensupport MAN Insan Cendekia Jambi baik semasa menjabat Kakanwil maupun tidak.

“Jangan lupakan institusi yang telah membesarkan ananda, sumbangkanlah pemikiran yang ananda miliki kepada lembaga yang membesarkan ananda, semoga para pemimpin dan tokoh masyarakat dimasa mendatang adalah alumni MAN Insan Cendekia Jambi,” ujarnya.

Sementara itu Kepala MAN Insan Cendekia Jambi (Zakiah, SAg, S.Pd, M.E.Sy) mengucapkan selamat kepada ananda yang sudah terpilih menjadi siswa teladan, siswa berprestasi dibidang akademik, dan non akademik.

“Syukur alhamdulillah pada hari Senin 27 Juli 2020 ini, ananda angkatan XI MAN Insan Cendekia Jambi secara resmi kami lepas untuk menempuh pendidikan kejenjang selanjutnya,” ujarnya.

Sebagai Kepala MAN Insan Cendekia Jambi beliau berpesan agar tetap memiliki 3 (tiga) kecerdasan dalam kehidupan yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. “Ananda semua harus mengkolaborasikan 3 (tiga) kecerdasan tersebut agar ananda sukses ke depannya,” pintanya.

Civitas akademika MAN Insan Cendekia Jambi mengucapkan selamat kepada ananda yang sudah diterima di perguruan tinggi dan selamat berjuang bagi yang masih menunggu hasil UTBK dan tes kedinasan.

Selanjutnya Zakiah mengucapkan terima kasih kepada Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Kakan Kemenag Kabupaten Muaro Jambi, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Kabid Pendidikan Madrasah, Kasubag Umum dan Informasi Kemenag, para kasi madrasah, tim humas TV Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, perwakilan orangtua (Dr. H. Adirozal, M.Si), orang tua wali siswa, ketua angkatan Effrossia (M. ZakiAfif) dan siswa-siswi beserta undangan pelepasan dan pengukuhan alumni MAN Insan Cendekia Jambi Angkatan XI yang telah hadir dan mengikuti acara ini. (kta)