Oleh :Melia FitriYani

BDR: E-Learning KSKK Madrasah Aplikasi Pembelajaran Daring

Jumat, 07 Agustus 2020 - 20:04:25 - Dibaca: 1591 kali

Google Plus Stumbleupon


Melia FitriYani
Melia FitriYani / Jambi Ekspres Online

DIREKTORAT Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI siapkan aplikasi daring (dalam jaringan) untukmenghadapipandemi COVID-19. E-Learning KSKK Madrasah merupakan langkah yang tepat dalam memaksimalkan pencapaian kompetensi siswa dengan pembelajaran daring selama Belajar Dari Rumah (BDR).

        E-learning Madrasah adalah aplikasi rancangan KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang diperuntukkan bagi siswa RaudatulAthfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), dalam menunjang pembelajaran daring agar terstruktur, interaktif, dan menarik.

E-learning Madrasah memiliki 6 role akses diantaranya operator madrasah (administrator), guru matapelajaran, guru bimbingan konseling, wali kelas, siswa, dan supervisor (kepala madrasah dan jajarannya). Beberapa fitur yang terdapat dalam e-learning, yaitu: pertama, kelas online berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian ujian berbasis computer hingga pengolahan rapor guru. Kedua, berbagai fitur guru berbagi adalah platform yang akan menampung kreatifitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat.

Guru dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan siswa menggunakan video conferencee-learning KSKK Madrasah dan memposting informasi pembelajaran dalam menu yang disediakan denga nmudah. Selain itu siapa pun dapat berkomentar dan member masukan bahkan menyukai postingan tersebut. Ketiga, forum komunitas madrasah siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan gagasan. Dalamfitur forum diskusi terdapat media sosial untuk member komentar dari siswa dan umpan balik dari guru sehingga sangat menarik semangat siswa untuk belajar dengan mudah, cepat, kapanpun, dan dimanapun.

Semoga e-learning KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI mampu member kemudahan dalam pembelajaran siswa madrasah selama Belajar Dari Rumah (BDR) dan menjadi panduan pembelajaran daring (dalam jaringan) terpadu di madrasah. Maksimalkan pemanfaatan e-learning Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI untuk masa depan siswa Indonesia lebih baik. (Penulis Pendidik MAN Insan Cendekia Jambi)