Lagi, PDIP Tunda Umumkan Dukungan Pilgub Jambi, Dori: Strategi Politik Sedang Dimainkan

Jumat, 14 Agustus 2020 - 17:55:58 - Dibaca: 1367 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Arah dukungan PDI Perjuangan pada kontestasi politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi Desember mendatang, hingga saat ini masih belum dideklarasikan.

Seyogyanya, dukungan partai besutan Megawati Soekarnoputri ini untuk Pilgub Jambi 2020 akan diumumkan pada Selasa (11/8) lalu, namun mendadak ditunda dengan alasan berbagai pertimbangan.

Pengamat Politik Jambi Dori Efendi, menilai bahwa langkah yang dilakukan PDIP dalam menunda pengumuman dukungan untuk Pilgub Jambi merupakan suatu strategi politik yang sedang dimainkan.

"Ini strategi politik yang halus sedang dimainkan. Dengan berbagai alasan untuk menunda mengumumkan dukungan," jelasnya.

Hal ini terlihat, kata Dori, PDIP secara halus membuka peluang kandidat lain untuk sungguh-sungguh untuk melobi dukungan ke DPP. Meski sebelumnya rekomendasi dukungan disebut-sebut sudah dikeluarkan untuk CE-Ratu.

"Tentu kandidat lain akan melakukan lobi untuk mendapatkan dukungan. Karena memang Parpol yang tersisa cuma PAN, Demokrat dan PDIP," tegasnya.

Kalau memang PDIP sudah fix mendukung CE-Ratu, kata Dori, tentu akan segera diumumkan. Artinya, ini membuka peluang PDIP bisa saja memberikan dukungan kepada Fachrori-Safrial.

"Apalagi petahana sudah dapat dukungan Gerindra, kalau dilihat hubungan Gerindra denan PDIP dipusat cukup dekat sekarang. Bisa saja petahana ini akan lebih intens mengincar dukungan PDIP untuk mencukupi syarat minimal dukungan," jelasnya. (wan)