BAN-SM Gelar Pelatihan Pertama Melibatkan Peserta Terbanyak Secara Daring

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 07:05:55 - Dibaca: 1632 kali

Google Plus Stumbleupon


Penyampaian materi Pelatihan Pelatih Asesor yang digelar BAN-SM pada 12-14 Agustus 2020 secara Daring dan diikuti lebih dari 200 peserta.
Penyampaian materi Pelatihan Pelatih Asesor yang digelar BAN-SM pada 12-14 Agustus 2020 secara Daring dan diikuti lebih dari 200 peserta. / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Sebanyak 11 orang anggota Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Provinsi Jambi mengikuti Pelatihan Pelatih Asesor (PPA) 2020 yang digelar BAN-SM pada 12-14 Agustus 2020 secara Daring bersama 200-an anggota BAN-SM dari 18 provinsi dari wilayah Barat dan Tengah.

        Ketua BAN-SM Pusat, Dr. Toni Toharuddin, MSc mengapresiasi atas terselenggaranya dengan PPA secara Daring pertama yang digelar BAN-SM. Walaupun digelar Daring (zoom cloud metting), tetapi pelaksanaan PPA sesuai yang diharapkan.

        “Alhamdulillah PPA berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun. Hasil PPA akan diumumkan dikemudian hari karena harus diputuskan melalui Rapat BAN-SM,” ujar Toni dalam sambutan penutupannya kemarin.

        Dengan selesainya PPA ini, Toni mengharapkan anggota BAN-SM dari setiap provinsi bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat untuk dapat diterapkan saat melaksanakan pelatihan asesor (PA) di daerah masing-masing.

        “Tugas yang sudah dilaksanakan selama pelatihan ini, diharapkan dapat menjadi bahan untuk dibahas dalam pelatihan asesor di daerah,” harapnya.

        Sementara itu Ketua Panitia PPA, Dr. Itje Chodijah mengatakan, pihaknya baru pertama kali menggelar PPA dengan jumlah peserta yang sangat besar lebih dari 200 peserta. Dari evaluasi pihaknya, PPA cukup efektif karena semua akrifitas bisa direkam dengan baik.

        “Tidak disadari bahwa setiap sesi PPA yang dilakukan Daring bisa direkam dengan baik dan snagat detail. Hal ini tidak bisa direkam saat PPA luring. Ini pengalaman yang baik dan bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk mengaplikasinya di daerah nanti,” ujar Itje kemarin.

        Itje berharap, dengan PPA ini apa yang sudah disampaikan dapat dilaksanakan di BANP masing-masing. Karena pelatihan ini bukan sekedar melepas kewajiban saja tetapi tanggungjawab untuk perbaikan dunia pendidikan sebagai anggota BAN-SM.

        “Selamat kepada peserta yang sudah mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kepada panitia pelatihan asesor   untuk dapat merancang pelatihan ini di daerah masing-masing,” harapnya.

        Sedangkan Ketua BAN-SM Provinsi Jambi, H. Muhd. Saleh, MPd mengapresiasi atas PPA yang digelar BAN-SM. Apalagi pelatihan yang digelar sangat menyenangkan, walaupun digelar secara Daring, tetapi pada pelaksanaannya sama seperti PPA luring.

        Dimana peserta tidak hanya mendengarkan materi dari narsumber saja, tetapi juga ada kerja kelompok. Dari 200-an peserta se-Indonesia, dimasukan ke dalam 10 kelas zoom sehingga dalam satu kelas jumlah yang mengikuti materi sekitar 20-an dan sangat efektif.

“Di dalam kelas pun ada kerja kelompok yang dibagi 4-5 orang untuk berdiskusi kerja kelompok tetap dalam aplikasi zoom. Ini luar biasa dan pengalaman pertama pelatihan sampai seefektif ini. Bahkan kelompok terakhir kita dibagi dalam kelompok provinsi, ini luar biasa. Mudah-mudahan bisa diterapkan di Jambi,” aku Saleh.

Pada kesempatan itu Saleh mengapresiasi atas kerjakeras BAN-SM yang sudah menyelenggarakan PPA ini dengan sangat baik. Bahkan semua anggota BAN-SM Provinsi Jambi terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan model seperti ini dan pertama mereka ikuti. (kta)