Inovasi Gowes Virtual Pemkot Jambi Antusias Diikuti Warga, Hari ke-3 Gowes Virtual, 45% Peserta Telah Selesaikan Rute

Minggu, 23 Agustus 2020 - 20:47:35 - Dibaca: 470 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Event gowes virtual terbesar tahun 2020 di Provinsi Jambi, "Jambi Gowes Virtual Kemerdekaan 75", yang digelar Pemerintah Kota Jambi, antusias diikuti ribuan peserta. Tidak hanya diikuti oleh peserta yang berasal dari Kota Jambi, event yang pertama kalinya diselenggarakan di Provinsi Jambi ini, diikuti pula oleh goweser yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten dalam Provinsi Jambi.

Event olahraga sepeda yang diselenggarakan oleh Pemkot Jambi bersama Komunitas Kota Jambi Cycling Club (Koja_CC) dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia tersebut, memang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat pecinta sepeda yang ada di Provinsi Jambi.

Sejak diluncurkan pertama kali oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat momentum peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus lalu, inovasi gowes ditengah pandemi ini, langsung diserbu oleh peserta, terutama goweser yang memang selama ini menantikan event gowes dengan media virtual tersebut.

"Sampai dengan tanggal 23 Agustus, tercatat sebanyak 1.300 goweser yang mendaftar pada event gowes virtual ini. 45?ri jumlah pendaftar, telah menyelesaikan rute yang mereka pilih saat mendaftar," ujar Juru Bicara Pemerintah Kota Jambi, Abu Bakar kepada sejumlah awak media, Minggu (23/8).

Abu Bakar menjelaskan, bahwa banyaknya peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini, selain karena goweser Jambi haus akan event gowes, event Jambi Gowes Virtual Kemerdekaan 75 ini terbilang cukup unik. Bagaimana tidak, event ini memang didesain menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini, mewabahnya Virus Covid-19, yang menyebabkan kegiatan dengan pengumpulan massa pada satu tempat dan waktu sangat tidak mungkin dilaksanakan.

"Ini adalah salah satu inovasi Bapak Wali Kota Jambi, dimana saat ini masa pandemi, masyarakat harus tetap produktif dan berolahraga, agar imunitas tubuh tetap terjaga ditengah wabah Covid-19. Olahraga yang sedang viral dan memang sesuai dengan kondisi saat ini salah satunya adalah bersepeda. Nah, berhubung mewabahnya Covid-19, kita tidak mungkin mengumpulkan masyarakat dalam jumlah banyak, apalagi sampai ribuan, pada satu tempat dan waktu secara bersamaan. Hal tersebut sangat rentan bagi masyarakat. Makanya penggunaan aplikasi kita persyaratkan pada kegiatan virtual ini," jelas Kabag Humas Kota Jambi itu.

Lebih lanjut, Abu Bakar mengutarakan bahwa event yang berlangsung pada tanggal 21 s.d. 30 Agustus 2020, dilaksanakan secara virtual serentak di seluruh wilayah kota/kabupaten dalam Provinsi Jambi itu tentunya dapat diikuti tidak hanya warga Kota Jambi saja, melainkan seluruh warga Provinsi Jambi.

"Event ini gratis bagi seluruh masyarakat Provinsi Jambi, mendaftar cukup dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK- red.) dan menggunakan aplikasi Relive atau Strava, sehingga masyarakat dapat melaksanakan gowesnya dimana saja, kapan saja dan bebas pilih rute yang disediakan, yaitu 8 km, 17 km, 45 km dan 75 km. Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 27 Agustus mendatang," pungkasnya.

Pada event Jambi Gowes Virtual Kemerdekaan 75 ini, panitia telah menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi masyarakat. Seperti belasan sepeda MTB dan sepeda lipat, helm sepeda, tumbler, jersey eksklusif, dan hadiah menarik lainnya. Informasi terkait event inu dapat dilihat di akun Instagram Humas Kota Jambi dan Koja_CC. (hfz)