Kembalinya Jenderal, Membangun Sepucuk Jambi Sembilan Lurah

Kamis, 10 September 2020 - 21:15:13 - Dibaca: 976 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

Oleh
Tutie Rosmalina,SH.i.M.A

“Banyak hal yang bisa dilakukan setiap orang untk membangun bangsanya, namun hanya sedikit orang pintar yang mau kembali untuk membangun daerahnya”. Setidaknya kutipan ini layak untuk disandingkan dengan kepulangan Syafril Nursal, jenderal bintang dua yang akan mengikuti kontekstasi politik di Provinsi Jambi di 9 Desember 2020.

Dengan mantap Syafril Nursal mengatakan bersedia untuk mendampingi Fachrori Umar sebagai wakil Gubernur Jambi, padahal beliau merupakan putra terbaik Provinsi Jambi yang sudah banyak memakan asam garam trik dan intrik politik dalam massa jabatan beliau sebagai inspektur jenderal di kepolisian RI.
Bukan main-main seorang inspektur jenderal bersedia hanya berada diposisi wakil, hal ini pasti akan banyak menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat, karena tidak mungkin beliau maju sebagai Gubernur. namun hal ini berbeda dengan yang di fikirkan Syafril Nursal.
dikutip dari media, tanggal 10/09/2020, Syafril Nursal tegas memberikan jawaban, “Sekarang bukan soal bintang dua, saya objektif saja. Tidak penting maju sebagai calon Gubernur atau wakil Gubernur yang jelas saya ingin mengabdi untuk membangun Jambi.”
Pernyataan diatas menggambarkan bahwa ada situasi dan kesempatan yang memang harus dijawab segera, benar panggilan membangun kampung halaman adalah sebuah kenisbian kembalinya sang jenderal. Tidak mungkin seorang yang benar-benar paham karakteristik daerahnya tinggal diam saja melihat kemunduran diberbagai sektor pembangunan di Provinsi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Yang terbentang dari ujung kerinci sampai dengan ujung jabung.


Jika mengkritik tetapi berada diluar struktural, hanya menjadi pepesan kosong, namun jika diberi kesempatan untuk ikut memimpin di Provinsi Jambi dengan duet yang berpengalaman seperti Fachrori Umar dan Syafril Nursal, maka akan memberi nuansa dan pembangunan padat makna.
Hasil studi The Media Institute Freedom Foundation, PSIK paramadina 2009 hal 13 mengatakan . “ Tidak cukup memimpin sebuah negeri hanya dengan popularitas, dan elaktabilitas tanpa ketegasan, keberpihakan kepada kaum miskin tanpa kapasitas tenokrasi yang memadai, karena hal ini hanya menghasilkan kepemimpinan lemah dan ragu ragu” hal ini dikaitkan dengan kemunculan Syafril Nursal yang belum pernah terdengar namanya di kancah perpolitikan Jambi sebulumnya dianggap sangat relevan, bapak syafrial dianggap mampu memberikan warna ketegasan dan inovasi yang mumpuni bagi. Sang wakil yang notabene adalah panglima jenderal memiliki jiwa kosrat diharapkan memiliki kekutan membangun Jambi dengan ketegasan dan wawasan.
Dalam sebuah pertarungan pemilihan, konstituen sangat mengharapkan sebuah perubahan baik dengan wajah baru maupun wajah lama. Visi misi yang mampu membangun menjadi ujung tombak dan gagasan masyarakat memilih sebuah pasangan calon, selain itu kekuatan partai, mesin organisasi di tambah pertolongan Allah SWT/Tuhan dan dukungan seluruh warga provinsi Jambi, mengingat duet pasangan ini merupakan penduduk asli Sepucuk Jambi sembilan lurah. Layak jika kita memberikan perhatian lebih atas pasangan ini dan memberikan dukungan untuk mereka kembali mengabdi.
Sudah barang tentu kembalinya bapak Syafril Nursal merupakan ujud kepedulian kepada masyarakat kerinci secara khusus dan penduduk Jambi secara umum, tahun 1986 beliau emmulai perantauannya di dunia kepolisisan sampai dengan saat ini, maka ketika beliau kembali sebuah cita cita memakmurkan kelahiran terpatri didalam dadanya.
Syafril Nursal bermaksud ingin mengabdi kepada rakyat provisnis ini demngan mengikuti kontekstasi pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur 2020. Soal menang atau kala, bapak fachrori dan Syafril berwatak legowo, yang penting bagi mereka pemilu harus jujur, adil serta bermartabat, jika pemilu tidak bisa jujur dan adil maka pemenangnya akan kualat.

Pertarungan yang dimenangkan dengan tidak jujur an akan mendatangkan kesialan dan keterpurukan bagi provinsi ini, mari sama sama kita pastikan pemilu 2020 pemilihan wakil Gubernur dan wakil Gubernur berjalan jujur dan adil, dengan mengikuti setiap prosesnya, mau hadir ke TPS untuk memastikan hak pemilih menyalurkan pilihannya terpenuhi dengan baik, dan terpilihnya pemimpin yang rahmatan lil alamin.

Penulis adalah Sekretaris Peduli Serumpun Jambi