Askar Kauny Salurkan 50 Mushaf Al-Quran

Jumat, 11 September 2020 - 10:42:33 - Dibaca: 433 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI- Lembaga Pendidikan dan Kemanusiaan Askar Kauny Jambi menyalurkan 50 Mushaf Al-Qur’an di Dusun Adil Desa Pemusiran, Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi,(07/09).
Selain menyalurkan mushaf Al-Quran . lembaga pendidikan yang memfokuskan tahfiz Al-Quran tersebut juga mengunjungi Kauny Quranic School (KQS) Nurul Ihsan yakni rumah tahfiz binaan Askar Kauny.
Joko Sugondo, kepala cabang Askar Kauny Jambi mengatakan, di KQS Nurul Ihsan tersebut, kegiatan menghafal Al-Quran menggunakan metode kauny. Yaitu, gabungan ayat, arti serta visualisasi gerakan tangan.
“Harapan kita ke depan semakin banyak anak-anak yang bisa menghafal Al-Quran,”ujar Joko Sugondo kepada Jambi Ekspres.

AA252_1
Joko melanjutkan, kegiatan menyalurkan 50 mushaf Al-Quran tersebut sekaligus untuk meramaikan masjid yang awalnya sangat sepi, menjadi ramai semenjak anak-anak semangat mengaji dan dikenalkan metode hafalan Askar Kauny dengan Surah An-Naba.
“Santri yang awalnya hanya dapat dihitung jari, kini berkembang menjadi 38 santri. Semangat mereka menghafal tilawah sungguh diluar dugaan. Ditengah keterbatasan, meskipun hanya memiliki 1 buah Alquran sebagai panduan menghafal, tak menjadi penghalang para santri untuk terus menghafal dan mempelajari Alquran,”jelasnya.
Joko Menambahkan, mereka menjadi lebih hidup dengan Alquran. Bermain sambil menghafal, bahkan berenang pun mereka masih sempat menghafal Alquran. Keterbatasan ekonomi yang mayoritas penduduk menjadi nelayan atau berkebun, tak juga jadi penghalang mereka untuk mengaji.
“Di usia belia yang tinggal di pelosok daerah, mereka sangat semangat menghafal Alquran. Jangan jadikan semangat mereka pudar karena keterbatasan Alquran yang dimiliki. Sudah saatnya kita bahu-membahu dalam membumikan Alquran bahkan sampai ke pelosok daerah sekalipun,”ungkapnya. (van)