Sebelum Diterapkan, BAN-SM Gelar Ujicoba IASP 2020

Minggu, 04 Oktober 2020 - 20:09:21 - Dibaca: 1459 kali

Google Plus Stumbleupon


Suasana kebersamaan Petugas Asesor dan sekolah/madrasah sasaran dalam kegiatan zoom dalam rangka Ujicoba IASP 2020 di Provinsi Jambi oleh BAN-SM
Suasana kebersamaan Petugas Asesor dan sekolah/madrasah sasaran dalam kegiatan zoom dalam rangka Ujicoba IASP 2020 di Provinsi Jambi oleh BAN-SM / Jambi Ekspres Online

JAMBI-Sebelum diberlakukan mulai tahun ini, maka Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) menggelar Ujicoba Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Ujicoba ini untuk menyempurnakan IASP 2020 sebelum mulai diterapkan.

        Untuk di Jambi sendiri, ada 16 sekolah/madrasah yang menjadi sasaran Ujicoba IASP 2020. Terdiri dari 2 SD, 2 MI, 2 SMP, 2 MTs, 2 SMA, 2 MA dan 4 SMK se-Provinsi Jambi. Dimana Ujicoba IASP 2020 sudah dilaksanakan pada 28-29 September 2020 secara Daring pukul 08..

        Dalam arahannya Anggota BAN-SM, Prof. Dr. H. Arismunandar, MPd yang juga pembina BAN-SM Provinsi Jambi mengaku bangga atas pelaksanaan Ujicoba IASP 2020. Dikatakan Aris, dirinya menilai pelaksanaan Ujicoba di Jambi berjalan dengan sangat baik dan sukses.

        “Apalagi Jambi masuk dalam ujicoba tahap 1, maka saya akan memberikan masukan kepada tahap 2 dan 3 untuk dapat mencontoh Jambi. Pelaksanaannya luar biasa sukses, hanya kendala kecil terutama di listrik dan signal saja,” ujar Aris saat menutup kegiatan Ujicoba.

        Dikatakan mantan Rektor Universitas Negeri Makasar (UNM) ini bahwa pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada BAN-SM Provinsi Jambi, asesor dan sekolah/madrasah yang menjadi sasaran Ujicoba 2020. Karena berkat kerjasamaa semua pihak Ujicoba di Jambi berjalan dengan lancar.

        “Saya mewakili BAN-SM mengucapkan semua pihak atas dedikasinya dan kerjasamanya, sehingga pelaksanaan Ujicoba di Jambi berlangsung dengan baik. Terima kasih kepada pihak sekolah/madrasah atas kerjasamanya menjadi sasaran Ujicoba IASP 2020,” akunya.

Ketua BAN-SM Provinsi Jambi, H. Muhd. Saleh, MPd mengatakan bahwa pelaksanaan Ujicoba IASP 2020 di Provinsi Jambi persiapannya sangat singkat. Karena hanya butuh 1 minggu berkoodinasi dengan sekolah/madrasah sasaran dan asesor yang betugas dalam kegiatan ujicoba.

        “Tapi hasil dari kegiatannya sangat membanggakan karena berlangsung lancar. Walaupun sekolah/madrasah hanya kita minta 3 hari mengisi Sispena dan asesor juga belum pernah pelatihan sispena langsung. Mereka hanya tahu tutorial saat Pelatihan Asesor saja,” beber Saleh kemrin.

        Sementara Sekretaris BAN-SM Provinsi Jambi, Abdussomad, MPd.I menegaskan bahwa pelaksanaan Ujicoba di Jambi pada umumnya berjalan dengan baik. Tetapi harus diakui masih ada beberapa kendala yang dihadapi asesor, terutama terkait aplikasi Sispena.

        “Baik sekolah/madrasah maupun asesor memang mengelukan aplikasi Sispena yang benar-benar belum siap, sehingga pengisiannya melebihi waktu yang ditetapkan karena ada kendala teknis di Sispena. Mudah-mudahan dengan berbagai masukan kami ini dapat memperbaiki sistem Sispena 2020,” harapnya.

        Sebagaimana diketahui pelaksanaan Ujicoba IASP 2020 untuk Provinsi Jambi diikuti 16 sekolah/madrasah dari semua jenjang kecuali SLB. Sedangkan untuk petugas asesor sendiri terdiri dari 11 anggota BAN-SM Provinsi Jambi dan 21 asesor yang sudah mengikuti Pelatihan Asesor.

        Teknis pelaksanaan Ujicoba IASP 2020 sendiri digelar secara Daring. Dimana semua sekolah/madrasah sasaran dan petugas asesor masuk ke dalam satu zoom yang sama. Setelah itu mereka dibreakout menjadi 16 kelompok sesuai sekolah/madrasah mereka masing-masing.

        Selama dua hari Petugas Asesor bersama sekolah/madrasah  sasaran menggaloi data mulai dari wawancara, telaah dokumen, observasi dan angket kepada mereka. Hasil dari ujicoba tersebut disimpulan dan diisi ke Sispena yang sudah disiapkan BAN-SM. (kta)