Klausul Rilis Rp4 Triliun dan Gaji Rp850 Miliar Sudah Deal, tapi Messi Gagal ke Chelsea Gara-gara Ini

Jumat, 16 Oktober 2020 - 06:25:40 - Dibaca: 301 kali

Google Plus Stumbleupon


Jose Mourinho dan Lionel Messi
Jose Mourinho dan Lionel Messi / Jambi Ekspres Online

LONDON – Chelsea hampir saja membuat transfer terbesar dan termahal abad ini ketika hendak memboyong Lionel Messi pada 2014 lalu. The Blues sudah bersedia menebus klausul rilis La Pulga. Soal nilai gaji juga sudah disepakati.

Namun transfer itu urung terwujud. Semua gara-gara agen sekaligus ayah Messi, Jorge Horacio yang membatalkan kepindahan Messi ke Chelsea.

Kisah ini diungkap pakar transfer Italia, Gianlua Di Marzio yang baru-baru ini meluncurkan buku berjudul ‘Grand Hotel Calciomercato’.


Buku itu berisi kisah-kisah pasar transfer yang tak terungkap. Di Marzio membeberkan bagaimana video call tatap muka Jose Mourinho membujuk Messi untuk pindah ke Stamford Bridge.

Dikutip Pojoksatu.id dari Sky Sports, Kamis (15/10/2020), Di Marzio menulis bahwa Messi berbicara via Facetime dengan manajer The Blues kala itu, Jose Mourinho, di mana ia setuju untuk menjadi pemain Chelsea.

Laporan tersebut mengklaim bahwa ia akan mendapatkan penghasilan yang menggiurkan 50 juta poundsterling per tahun. Jika dirupiahkan kala itu sekitar Rp850 miliar per tahun.

Saat itu, klausul rilis Lionel Messi ‘hanya’ 250 juta euro atau Rp4 triliun lebih (dalam kontraknya sekarang sebesar 700 juta euro).

Angka itu masih di bawah rekor transfer Neymar yang masih bertahan sampai sekarang sebagai pembelian termahal sepanjang masa, 222 juta euro ketika pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2017.

Kluasul rilis Lionel Messi yang terbilang kecil itu disanggupi Chelsea. Pemilik klub, Roman Abramovich bersediamenebusnya.


Pada saat transfer akan dilakukan, Messi akan bermain bersama Diego Costa dan Eden Hazard di lini depan Chelsea, dengan teman dekat Cesc Fabregas sebagai playmaker di lini tengah.

Sayangnya, transfer itu urung terjadi karena sang agen yang juga ayah Messi, Jorge tidak sepakat dengan rencana besar itu.

Alhasil, Messi pun bertahan di Camp Nou hingga sekarang. Bahkan pada jendela transfer musim panas kemarin kembali meminta untuk pindah namun diblokir peringgi Barcelona.

(fat/pojoksatu)

Sumber: www.pojoksatu.id