Conference LPPM Unja Berlangsung Secara Virtual

Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:53:24 - Dibaca: 402 kali

Google Plus Stumbleupon


Jambi Ekspres Online / Jambi Ekspres Online

JAMBI - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jambi (Unja) sukses menyelenggarakan The 3rd Green Development International Conference dengan tema “Accelerating Advancement in Green Environmental Sustainability: Best Pratice for New Normal Era” secara virtual, . Rektor Universitas Jambi dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan konferensi tersebut.

“Saya berterimakasih kepada panitia yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini. Saya mendapat laporan bahwa panitia yang terlibat dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa berasal dari Australia, Belanda dan Arab Saudi," ujar Rektor Unja, Prof. Drs. H. Sutrisno M.Sc., Ph.D.

Menurut Rektor, ini merupakan prestasi yang baik, apalagi ini perdana Unja menyelenggarakan konferensi internasional secara virtual. "Saya harap kedepan, kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Rektor.

Rektor juga berharap, dari kegiatan konferensi ini nantinya, ada kolaborasi lintas perguruan tinggi, maupun lembaga bersama Universitas Jambi, baik pada bidang riset maupun kegiatan lainnya. “Intinya kita welcome untuk berkolaborasi. Khususnya untuk menyukseskan program merdeka belajar ini,” kata Rektor.K

Sementara itu, ketua Panitia, Urip Sulistiyo Ph.D., mengatakan, konferensi internasional ini diikuti oleh peserta dari dari berbagai perguruan tinggi yang berasal dari empat negara berbeda, yakni Indonesia, Amerika, Belanda dan Australia. “Alhamdulillah, tahun ini presenter yang berpartisipasi meningkat dari tahun sebelumnya. Setidaknya ada 234 presenter yang berpartisipasi dalam the 3rd GDIC kali ini,” ungkap Urip Sulistiyo.

Urip juga menjelaskan bahwa awalnya kegiatan dua tahunan ini diselenggarakan secara luring di Swiss-Belhotel Jambi, yang rencananya tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu berperilaku memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan sebelum sesuai acara. Namun karena meningkatnya wabah pendemi Covid-19, konferensi ini diselenggarakan secara virtual. “Meski virtual saya lihat peserta tetap antusias mengikuti jalannya konferensi ini hingga hari terakhir,” kata Urip.

Sementara itu, Ketua LPPM Universitas Jambi Dr. Ade Octavia mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan konferensi internasional ini adalah untuk mempromosikan Universitas Jambi ke dunia internasional. “Salah satu tujuan kita menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan kampus kita melalui riset-riset yang dilakukan oleh para dosen kita ini kepada dunia,” ungkap Ade.

Disamping itu, dari kegiatan ini menurut Ade, diharapkan juga dapat meningkatkan kolaborasi riset lintas sektor dan perguruan tinggi, baik antar perguruan tinggi di Indonesia maupun lintas perguruan tinggi dunia. Sebagaimana diketahui, konferensi ini menghadirkan tiga orang invited speaker, diantaranya Dr Amy Duchelle dari Center for International Forestry Research; Prof. Dr. A.J.J.A. Scherpbier dari Medical Education Maastricht University Belanda; dan Dr John Willison B.Sc. Dip. Ed., M.Ed.Ph.D dari School of Education The University of Adelaide Australia. (kar)